UNA JALIN KERJASAMA 6 PERGURUAN TINGGI DI SUMATERA BARAT

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) jalin kerjasama dengan enam perguruan tinggi di Sumatera Barat. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dengan 6 Rektor perguruan tinggi di Sumatera Barat yang disaksikan langsung oleh Plt Kepala LLDIKTI Wilayah I Prof. Ibnu Hajar dan Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA. Penandatanganan MoU itu dirangkai dengan seminar nasional di Kampus Fort de Kock Bukit Tinggi, Sumatera Barat akhir pekan lalu, Jumat (28/5/2022) lalu.

Enam perguruan tinggi (PT) yang berkerjasama dengan UNA yakni; Universitas Bung Hatta Padang, Universitas Fort De Kock, Universitas Perintis Indonesia Padang, STMIK Padang serta Institut Teknologi dan Bisnis H. Agus Salim.

Rektor UNA mengapreasi upaya yang dilakukan LLDIKTI Wilayah I dalam memfasilitasi kerjasama dengan kampus-kampus yang ada di LLDIKTI Wilayah X.

Harapannya, MoU yang ditandatangani dapat diimplementasikan secepatnya dengan pembahasan MoA antar unit-unit yang ada di kampus masing-masing.

Lanjutnya, bagi UNA penandatanganan MoU itu tentunya akan menjadi peluang untuk meningkatkan kerjasama dalam bentuk MoA dan Implementation Agreement untuk kegiatan-kegiatan bersama yang dapat memberikan manfaat bagi masing-masing institusi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNA juga mendapat kesempatan itu menjadi salah satu pembicara dalam seminar nasional.

Kerjasama ini dalam rangka akselerasi dan revolusi teknologi 4.0 dan 5.0 beserta dampak pada perubahan sosial, budaya, dan dunia kerja dan untuk membangun jejaring/networking, promosi, reputasi, kepercayaan, kontribusi bagi masyarakat dan industri dan membangun kepercayaan diri sivitas akademika (mahasiswa dan dosen). Implementasi nyata /praktik secara langsung, untuk menghasilkan SDM yang kompeten dan produktif dapat diwujudkan dalam bentuk Pertukaran Mahasiswa dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Seminar Nasional, Call Paper, Publikasi Ilmiah, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan juga Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.

“Semoga kerjasama ini wujud dari implementasi MBKM dan juga menjadi bagian dari maju bersama menghadapi masa depan yang penuh tantangan,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Drs. Abdul Rahman, M.Pd., M.Si, Dekan Fakultas Teknik Ir. Amir Hamzah, M.T, Dekan Fakultas Ekonomi Hadi Suriono, S.E., M.M, serta Kepala Biro Bauk Ir. Amiruddin Siagian. (Humas UNA).