2 MAHASISWA UNA LOLOS PROGRAM MAGANG MBKM DI PT PERGADAIAN PERSERO

KISARAN-Dua mahasiswa Universitas Asahan (UNA) lolos program magang merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) Tahun 2022 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) di PT Pegadaian Persero.

Mahasiswa yang lolos program magang tersebut yakni Lukman Hakim Erlangga prodi Ekonomi Manajemen dan Tasya Lin Shabilla prodi Ekonomi Pembangunan. Mereka diterima setelah melalui proses seleksi yang ketat.

Tentunya, ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kedua mahasiswa tersebut, mereka lolos setelah menjalani berbagai seleksi, seperti seleksi kelengkapan administrasi, penilaian curriculum vitae, interview, dan lain-lain.

Program tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan dengan secara langsung mendapatkan experiential learning/ pengalaman belajar pada perusahaan tempat mahasiswa magang.  Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantap untuk memasuki dunia kerja dan karirnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswa dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P mengungkapkan program ini merupakan program nasional yang sangat bermanfaat untuk mengajarkan mahasiswa berproses di dunia kerja.

“Kami sangat mengapresiasi PT Pegadaian yang mau memfasilitasi mahasiswa kami untuk mengenal dunia kerja. Kegiatan ini sangat penting untuk me-link and match antara ilmu yang didapat dengan dunia profesional,” ungkapnya.

Beliau berharap mahasiswa yang magang dapat mampu berproses secara maksimal dan membawa nama harum universitas.  Ini sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa untuk menambah kemampuan di luar akademi, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat”, harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Hadi Suriono, SE., MM menuturkan lolosnya dua mahasiswa UNA ini tentunya akan memberikan manfaat kepada mahasiswa itu sendiri, serta UNA hingga tingkat prodi.

“Mahasiswa yang mengikuti program ini akan dapat banyak manfaat di antaranya budaya kerja, pengalaman kerja, disiplin kerja, wawasan, pengembangan pengetahuan dan tentu saja ilmu yang didapat saat di perusahaan dapat disebar luaskan dan ditularkan didalam dunia akademik”, tuturnya.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengucapkan “Selamat dan sukses keberhasilan mahasiswa UNA lolos program magang yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek)”.

Program ini memberikan manfaat tidak hanya bagi Universitas tapi juga bagi mahasiswa itu sendiri, ada banyak ilmu dan pengetahuan yang  didapatkan, mahasiswa yang berhasil lolos untuk dapat menjaga nama baik almamater dan jaga kesehatan”, tutupnya. (Humas UNA)