35 DOSEN DAN 44 MAHASISWA UNA LOLOS PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN III DARI KEMENDIKBUDRISTEK TAHUN 2022

KISARAN-Sebanyak 35 dosen Universitas Asahan (UNA) lolos sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan selain itu 44 mahasiswa juga lolos sebagai Program Kampus Mengajar Angkatan III dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2022.

Pengumuman itu diberitahukan melalui surat pemberitahuan nomor 0248/E2.1/KS.08.02/2022 tertanggal 19 Januari 2022 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Kordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNA, Ely Syahfitri, S.Pd., M.Pd mengungkapkan, program kampus mengajar merupakan program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek.

Menurutnya, tugas dari dosen DPL ini adalah mengawasi dan membimbing mahasiswa kampus mengajar yang melaksanakan aktivitas mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya di sekolah yang ditunjuk sehingga mahasiswa semakin cakap dan terampil dalam pengembangan dirinya.

“Sedangkan bagi mahasiswa program kampus mengajar adalah program yang memberi kesempatan selama 1 semester, untuk membantu pendidikan pada jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Melalui program ini, mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka.”, ungkapnya, Senin (24/01/2022).

Adapun jumlah dosen dpl yang lolos mengikuti program kampus mengajar ini berjumlah 35 orang diantaranya 7 orang Fakultas Teknik, 7 orang Fakultas Pertanian, 1 orang Fakultas Ekonomi, 2 orang Fakultas Hukum, dan 18 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Nama-nama dosen dpl yang lolos yaitu Alexander Tuahta Sihombing, S.T., M.T, Dicky Apdillah, S.T., M.Kom, Harmayani, S.T., M.Kom, Moraida Hasanah, S.Si., M.Si, Fynissa Zebua, S.Si., M.Si, Adi Widarma, S.Si., M.Kom, dan Intan Zahar, S.Si., M.Si dari Fakultas Teknik.

Dari Fakultas Pertanian, dosen yang lolos adalah Ir. Cik Zulia, M.P, Deddy Wahyudin Purba, S.P., M.Si, Juliwati Putri Batubara, S.Pi., M.Si, Khairani Laila, S.Pi., M.Agr, Azizah Mahary, S.Pi., M.Si, Dian Puspitasari, S.Kel., M.Si, dan Putri Anugerah, S.Pi., M.P.

Dari Fakultas Ekonomi, yang lolos program ini adalah Hilmiatus Sahla, SE.I., ME.I.

Sedangkan Fakultas Hukum, dosen yang lolos adalah Suriani, S.H., M.H dan Irda Pratiwi, S.H., M.Kn.

Terakhir, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dosen yang lolos adalah Hanina, S.Psi., M.Psi, Ely Syafitri, S.Pd., M.Pd, Syahriani Sirait, M.Pd, Eva Margaretha Saragih, M.Pd, Nila Sudarti, S.Pd., M.Pd, Tarida Ilham Manurung, S.Pd., M.Pd, Anil Hakim Syofra, S.Pd., M.Si, Nova Eliza Silaen, S.Pd., M.Si, Elfira Rahmadani, M.Pd, Dewi Astuti, S.Pd., M.Pd, Rafika Puspita Sari, S.Pd., M.Pd, Khairun Nisa, S.Pd., M.Pd, Eva Mizkat, S.S., M.Pd, Wan Nurul Atikah, S.Pd., M.Pd, Putri Lidiana Permata Sari, S.Pd., M.S, Yen Ayni, S.Pd., M.S, Rahma Yunita Ansi, S.Pd., M.Pd dan Susi Masniari Nasution, M.Si.

Sementara itu, 44 mahasiswa yang lolos dalam Program Kampus Mengajar diantaranya yaitu 6 orang dari Fakultas Teknik, 3 orang dari Fakultas Pertanian, 6 orang dari Fakultas Ekonomi, 4 orang dari Fakultas Hukum dan 25 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengucapkan  Selamat dan Sukses kepada 35 dosen UNA yang lolos sebagai DPL Kampus Mengajar dan 44 mahasiswa UNA yang lolos dalam Program Kampus Mengajar Angkatan III Tahun 2022 dari Kemendikbudristek.   

Apresiasi untuk tim pengelola Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) UNA atas banyaknya capaian dalam pengembangan program MBKM di UNA.

Selain Kampus Mengajar, dosen dan mahasiswa UNA juga banyak yang lolos program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan Dosen Modul Nusantara.

Tentu semua ini tidak lepas dari bimbingan koordinator MBKM kampus ini. Terima kasih untuk Ibu Ely Syahfitri, S.Pd., M.Pd.

Program ini telah membuka jalan UNA untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia sehingga UNA semakin dikenal di penjuru nasional.

“Kita patut berbangga atas keberhasilan mereka dalam program tingkat nasional, kita berharap semoga dosen dan mahasiswa yang lolos, bisa melaksankan tugas pengabdian dengan baik dan akan melahirkan calon pengajar yang berkompeten, kreatif, dan inovatif, tuturnya.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengapresiasi kelulusan dosen dan mahasiswa pada program tersebut.

“Atas nama Pengurus Yayasan UNA, menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih atas dipilihnya 35 dosen DPL dan 44 mahasiswa untuk mengikuti kampus mengajar Angkatan III Tahun 2022. Tentu dengan lolosnya 35 dosen DPL dan 44 mahasiswa bisa menyukseskan program kampus merdeka dan merdeka belajar dan memiliki kontribusi terhadap penambahan pengalaman bagi mahasiswa di tempat lain dan juga mengimplementasikan ilmunya dibidang-bidang yang sesuai untuk diberikan kepada masyarakat dalam konteks mengajar di seluruh Indonesia, dan juga dosen mampu meningkatkan kapasitas masyarakat melalui kemampuannya dan juga kampus-kampus lain, dengan demikian kami berharap UNA terus meningkat dalam kontribusinya untuk kampus mengajar ini, dan ke depannya memiliki dampak terhadap peningkatan reputasi UNA di tingkat nasional,”  ucapnya. (Humas UNA).