61 LULUSAN FAKULTAS PERTANIAN UNA DI YUDISIUM

KISARAN-Fakultas Pertanian Universitas Asahan (UNA) melaksanakan Yudisium kepada 61 lulusan dalam rangka wisuda periode Desember 2021, di Aula lantai II Fakultas Pertanian, Selasa (14/12/2021).

Pelaksanaan upacara yudisium kali ini dilaksanakan secara offline dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Sebanyak 61 orang yudisiawan yang terdiri dari 52 orang dari Program Studi Agroteknologi dan 9 orang dari Program Studi Budidaya Perairan dilepas langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian UNA Sarifuddin, S.P., M.MA didampingi para Wakil Dekan. Mahasiswa dengan Lulusan Terbaik diraih oleh Putri Santiya NPM 17021037 Program Studi Agroteknologi dengan IPK 3,75 dan Jeki NPM 17022005 Program Studi Budidaya Perairan dengan IPK 3,82.

Dekan Fakultas Pertanian UNA Sarifuddin, S.P., M.MA Dalam arahannya Dekan Fakultas Pertanian mengatakan bahwa sebagai alumni yang sudah menjadi Sarjana tidak berarti tugas belajarnya sudah selesai karena seorang lulusan Sarjana harus tetap berinovasi dengan ilmu-ilmu yang baru di dalam masyarakat dan di dunia kerja.

Bahwa dalam perspektif akademik, Yudisium bermakna pengukuhan kelulusan seorang mahasiswa yang dianggap telah memenuhi syarat kelulusan pada suatu program studi.

“Pada kesempatan ini, saya atas nama pimpinan Fakultas Pertanian UNA mengucapkan selamat kepada saudara-saudari yang telah sukses menjadi sarjana di bidang ilmu pertanian. Terapkan ilmu yang telah diperoleh pada lingkungan keluarga, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat.

Harapannya, setiap alumni dapat membangun jejaring alumni sehingga tetap terjalin korelasi yang harmonis antara alumni dengan Almamaternya.

Cintailah almamater Fakultas Pertanian UNA sebagaimana saudara-saudari mencintai orang tua, suami, istri ataupun pacar. Karena dengan kekuatan cinta dari para alumni yang tersebar di berbagai wilayah adalah menjadi modal dan semangat bagi kami untuk membangun Fakultas Pertanian UNA ke arah yang lebih baik, maju dan berkualitas serta berdaya saing,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd mengungkapkan Kegiatan Yudisium ini dapat menjadi indikator bahwa para mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan jenjang Strata 1 (Sarjana), sehingga berhak menyandang Gelar Sarjana sesuai dengan bidang ilmu prodinya masing-masing.

“Kita telah memasuki yang namanya era disrupsi, yakni era terjadinya perubahan yang mendasar pada berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Digitalisasi di berbagai bidang memudahkan mahasiswa menggali pengetahuan, belajar ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa melibatkan dosen/pendidik ataupun orangtua. Hal ini sangat membantu pemahaman mahasiswa dalam bidang kognitif dan keterampilannya.

Namun, dalam bidang afektif mahasiswa, peran dosen/pendidik tidak dapat digantikan dengan kecanggihan teknologi apapun. Kepribadian seorang dosen/pendidik yang baik sebagai teladan bagi mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter terbaik dari mahasiswa.

Terdapat revolusi peran dosen/pendidik yang semula sebagai sumber belajar atau pemberi pengetahuan, kini harus mampu menjadi mentor, fasilitator, motivator, dan inspirator dalam mengembangkan imajinasi, kreativitas, karakter, serta tim kerja pada generasi muda yang dibutuhkan di masa depan,” imbuhnya.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd dalam sambutanya, memberikan ucapan selamat atas keberhasilan mahasiswa menjadi sarjana, teriring harapan dan doa semoga dengan keberhasilan meraih gelar sarjana dapat menjadikan bekal yang semakin lengkap dan kuat untuk masa depan.

Selain itu, beliau juga meyampaikan pesan setelah saudara meraih gelar sarjana segera melakukan upaya untuk menjemput cita-cita melalui jejaring alumni, lowongan pekerjaan, teman dan kerabat.

Kuatkan kemampuan baik hard skill maupun soft skill untuk meningkatkan sumberdaya yang dimiliki. Selalu menjaga nama baik almamater tercinta.

Dipenghujung acara, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada dosen Fakultas Pertanian UNA yang telah mengabdi dan berdedikasi selama 25-35 tahun. Penghargaan tersebut diberikan kepada Ir. Sri Susanti Ningsih, M.Si, Ir. Ansoruddin Harahap, M.P dan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si.

Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari pimpinan Fakultas kepada Calon Wisudawan/Wisudawati dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (Humas UNA).