UNA GELAR PENDAMPINGAN SUBMIT ARTIKEL SCOPUS

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) adakan kegiatan pendampingan submit artikel scopus di ruang rektorat UNA, pada Jum’at (10/12/2021).

Kegiatan ini, menghadirkan narasumber yang berkualitas dan kompeten dalam pendampingan yakni Dr. Anna Tambunan, M. Hum dari Universitas Negeri Medan (Unimed).

Tujuan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan artikel terindeks scopus dan meningkatkan budaya menulis dosen UNA.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd dalam sambutannya menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengkoreksi naskah peserta menjadi naskah yang sudah siap terbit di artikel ilmiah internasional.

“Karena untuk menembus artikel ilmiah internasional yang terindex scopus tidaklah mudah” tuturnya.

Pendampingan penulisan artikel ilmiah International Dosen UNA ini, target utamanya meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi dosen.

Peserta yang hadir pada kegiatan pendampingan yaitu para dosen UNA.

Dalam kegiatan ini peserta dibekali cara penulisan dan teknik dalam penulisan artikel ilmiah internasional. Peserta banyak belajar dalam mengidentifikasi jurnal dan cara menulis jurnal internasional.

“Sehingga diharapkan output dari kegiatan ini adalah terpublishnya karya ilmiah para dosen UNA di kancah internasional” terangnya.

Dr. Anna Tambunan, M. Hum mengharapkan secara khusus setiap dosen sudah menyiap menghimbau agar sebaiknya kalangan dosen mulai membiasakan menulis opini sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.

Wujud publikasi lainnya juga bisa dalam bentuk mereview beberapa artikel, kemudian mengkonsep sesuai dengan hasil review yang diperoleh dari beberapa sumber jurnal, maupun history textbook.

Beliau mengharapkan secara khusus setiap dosen sudah menyiapkan draf artikel dalam proses pendampingan ini, dan draf tersebut akan direvisi sampai artikel-artikel tersebut siap di submit.

Peran pendampingan ini nanti akan membimbing dosen- dosen UNA untuk dapat menyampaikan artikel internationalnya dan akhirnya nanti dapat dipublikasi artikelnya dalam konferensi internasional  dan jurnal international bereputasi.

Pada akhir pendampingan, diharapkan sebanyak empat artikel bisa dikirim atau submit ke jurnal internasional terindek scopus yang dituju.

Terselenggaranya kegiatan ini beberapa naskah ilmiah  yang diikutkan dalam pendampingan bisa mendapatkan review dan accepted dalam jurnal dan prosiding yang terindex scopus. (Humas UNA).