UNA DAN PEMKAB BATU BARA JALIN KERJASAMA DALAM PENYELENGGARAAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) jalin kerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten Batubara (Pemkab Batu Bara) dalam dalam penyelengaraan Tridharma perguruan tinggi.

Hal ini tertuang dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dan Bupati Kabupaten Batu Bara Ir. H. Zahir M. AP yang bertepatan pada acara HUT PGRI ke 76 di Pantai Sejarah, Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir. Rabu (11/12/2021).

Momen tersebut disaksikan oleh para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Sekda Kab. Batu Bara H. Sakti Alam Siregar, S.H, Forkopinda dan Guru Kab. Batu Bara.

MoU ini terkait dengan meningkatkan efisiensi, efektivitas, inovasi serta mutu pelaksanaan program pembangunan daerah dan pengembangan potensi sumber daya dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kualitas sumber daya manusia dan pembangunan daerah di Kabupaten Batu Bara.

Kesepakatan ini menjadi langkah awal kerjasama secara realistis sesuai bidang tugas masing-masing.

Dalam sambutannya, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengatakan perguruan tinggi merupakan lembaga yang dapat mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat.

“Dengan adanya kerja sama ini, banyak manfaatnya yang bisa diperoleh, baik untuk UNA maupun pemerintah daerah Kabupaten Batu Bara,” katanya.

Lanjutnya, selain untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kerjasama ini juga bertujuan untuk mensinergikan potensi perguruan tinggi dengan pengembangan potensi yang ada di Pemkab Batu Bara.

“Dengan segala potensi yang dimiliki UNA, seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan untuk melakukan riset, maka dapat dilakukan kajian akademis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat”, jelasnya.

Selain itiu juga, banyaknya mahasiswa UNA yang berdomisili dari Kabupaten Batu Bara membuat adanya MoU ini juga terlaksana, sehingga pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Batu Bara bisa dilakukan secara maksimal.

Harapannya, melalui MoU ini bisa terlaksana bersama Pemkab Batu Bara semoga kedepan kerjasama di bidang pengembangan pendidikan pelatihan dan pengembangan SDM dapat terwujud, karena berdasarkan data mahasiswa banyak masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanjutkan pendidikan Strata I (S1) di UNA, sebut Rektor UNA.

“Dalam catatan kami setidaknya sekarang ada 3000an mahasiswa UNA yang berasal dari Kab. Batu Bara,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Batu Bara Ir. H. Zahir M. AP dalam sambutanya mengatakan “Pada hari ini saya sangat antusias karena dapat bertemu dengan kolega dari UNA. MoU yang disepati ini adalah komitmen dan momen yang selaras untuk saling belajar satu sama lain”, katanya.

Lanjutnya, Pemerintahan Kabupaten Batu Bara berusaha untuk maju disegala bidang, proaktif dan berinisiatif dalam pembangunan sejak dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi. Semoga kolaborasi dan networking kita bersama, bisa menghasilkan kerja nyata serta membawa kesejahteraan bagi kita masyarakat Kabupaten Batu Bara, ujarnya.

Kegiatan ini ditutup dengan kedua belah pihak saling bertukar cenderamata. (Humas UNA).