FKIP UNA PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1443 H

KISARAN- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Aula FKIP UNA, Rabu (3/11/2021).

Kegiatan itu diadakan Badan Eksikutif Mahasiswa (BEM) FKIP UNA dengan tema “Meneladani Akhlak Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW Dengan Bekerja Ikhlas, Cepat, Cerdas dan Kreatif”.

Dekan FKIP UNA Drs. Dailami, M.Pd membuka acara tersebut,  dalam sambutannya   beliau senantiasa mengingatkan seluruh mahasiswa untuk selalu menjadi pribadi yang baik yang mampu menjadi suri tauladan bagi masyarakat sesuai contoh Nabi Muhammad SAW.

Peringantan Maulid Nabi Muhammad SAW ini biasa digelar di setiap tahunnya di FKIP UNA, dengan tujuan positif memotivasi para peserta untuk meningkatkan Imam dan Taqwa menjadi tauladan yang baik dari Rasulullah SAW dalam mematuhi perintah Allah SWT dengan ketentuannya serta untuk mendorong ruang gerak mahasiswa meningkatkan kualitas dan pengembangan diri maupun organisasi.

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW ini dibalut dengan berbagai perlombaan antara lain Lomba Pidato, MTQ dan Fashion Show Puteri Muslimah.

Turut hadir dalam acara ini yaitu Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd, Ketua LPPM UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum, Dekan FKIP UNA Drs. Dailami, M.Pd, Wakil Dekan I Bidang Akademik FKIP UNA Dr. Bambang Gulyanto, M.Pd, Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Keuangan FKIP UNA Lis Supiatman, S.Pd., M.Hum, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP UNA Hanina, S.Psi., M.Psi, dosen dan mahasiswa.

Sementara itu Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, beliau mengajak mahasiswa untuk meneladani karakter Nabi Muhammad SAW khususnya dalam bidang muamalah. Karena sejatinya kehidupan sosial yang jamak saat ini menuntut setiap untuk memiliki budi pekerti mulia, salah satu figur dalam Islam yang dapat dijadikan tuntunan yaitu Nabi Muhammad SAW.

Beliau berharap peringatan maulid kali ini dapat menjadi momentum meningkatkan semangat untuk memberdayakan dan membangun kreaktivitas, inovasi dan karakter mahasiswa.

“Mudah-mudahan peringatan maulid ini juga memberikan kepada kita semangat dan inspirasi dalam meningkatkan minat dan bakat serta berkreasi demi masa depan,” pungkasnya.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengajak kepada seluruh hadirin untuk senantiasa bersyukur atas berkah dan rahmat Allah SWT serta meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW.

“Marilah senantiasa bersyukur kepada Allah SWT karena kita masih diberikan kesempatan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Melalui momentum ini, marilah kita jadikan sosok Nabi Muhammad SAW sebagai figur tauladan dalam berucap maupun berbuat tak terkecuali dalam tugas kita sebagai akademisi pengembang ilmu pengetahuan,” ujar Ketua Yayasan UNA.

Beliau juga berharap acara ini mendatangkan manfaat bagi kita semua baik itu pimpinan, dosen, pegawai dan mahasiswa UNA.

“Semoga acara peringatan Maulid Nabi ini akan memberikan dampak serta keberkahan UNA ke depannya,” harapnya.

Hadir sebagai penceramah, Khairul Abdi, S.Ag, MM menyampaikan Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahir Rasulullah Muhammad SAW sebagai tanda cinta umat nya. Peringatan tersebut dapat dijadikan momentum evaluasi dalam meneladani beliau sebagai suri tauladan umat manusia khususnya umat muslim.

“Dalam hal ini peringatan Maulid Nabi menjadi pendidikan karakter civitas akademika dan mahasiswa dalam menumbuhkan dan meningkatkan akhlakul karimah. Civitas akademika dan mahasiswa bukan hanya pandai dan berprestasi dalam ilmu pengetahuan tetapi juga harus memiliki akhlakul karimah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Rasulullah SAW telah mencapai puncak keilmuan. sebagai utusan Allah, Beliau mengetahui hukum Alquran sampai sedetail-detailnya kemudian menyampaikan serta menjelaskannya kepada manusia. Oleh karena itu, Rasulullah SAW merupakan teladan sekaligus sumber rujukan utama dan pertama bagi segenap kaum Muslimin, baik yang hidup sezaman dengannya maupun generasi-generasi kemudian.

Selain itu, beliau juga mengajak para civitas akademika dan mahasiswa UNA untuk menerapkan akhlak dalam menuntut ilmu yang memiliki nilai dan menerapkannya dalam kehidupan.

Sebagaimana yang telah dipahami bersama, tentunya kegiatan maulid Nabi Muhammd SAW ini telah dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang tepat. Seluruh peserta dan panitia telah melakukan vaksinasi tahap satu dan dua. (Humas UNA).