FKIP UNA GELAR LOMBA GEBYAR BULAN BAHASA TAHUN 2021

KISARAN-Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021, dan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) menggelar lomba gebyar bulan bahasa yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS DIKHASATRIA) dengan mengangkat tema “Menggali Potensi Bahasa Memperkokoh Jati Diri Bangsa”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 27-28 Oktober 2021 di Aula FKIP UNA, pada Kamis (28/10/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd yang diwakili Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan batubara, M.Si, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P, Ketua LPPM UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum, Dekan FKIP UNA Drs. Dailami, M.Pd, Wakil Dekan I Bidang Akademik FKIP UNA Dr. Bambang Gulyanto, M.Pd, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Hanina, S.Psi., M.Psi, Ketua dan Sekretaris Program Studi FKIP UNA, Dosen, Mahasiswa Pertukaran MBKM luar pulau sumatera dan mahasiswa UNA.

Acara diwarnai dengan aneka perlombaan diantaranya lomba pidato, debat, cipta baca puisi, musikalisasi puisi.   Peserta lomba yaitu siswa-siswa Tingkat SMA Kab. Asahan dan Mahasiswa UNA.

Dekan FKIP UNA Drs. Dailami, M.Pd dalam membuka acara tersebut mengatakan bahwa dengan memeriahkan aneka kegiatan Bulan Bahasa dapat menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap Bahasa Indonesia. Selain itu, dapat menambah dan mengasah kreativitas serta wawasan mahasiswa melalui aneka lomba yang diselenggarakan.

Beliau menambahkan, bahwa kegiatan gebyar bulan bahasa diadakan setiap tahunnya yang dipromotori oleh HMPS DIKHASATRIA. Semoga acara ini berlangsung dengan baik dan ia berharap, dengan wadah ini bisa tumbuh inovasi dan kreativitas mahasiswa menuju UNA UNGGUL.

Sementara itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan HMPS DIKHASATRIA, selain menambah wawasan keilmuan dibidang kebahasaan, kesatuan dan kebudayaan sekaligus sebagai momentum dalam meningkatkan komitmen untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Menurut beliau, kegiatan semacam ini diyakini mampu mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di kalangan generasi muda.

Rektor berpesan kepada semua generasi penurus bangsa agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Ketua panitia Josmartua Hutajulu, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk membangun sikap organisasi, menuangkan bakat dan kreativitas dan mewujudkan silaturrahmi antar mahasiswa UNA.

“Dengan adanya kegiatan ini, semua mahasiswa berkumpul untuk menyumbangkan ide, inovasi dan kreativitasnya. Jadi ini menjadi sebuah kesempatan untuk saling mengenal antar satu sama lain”, ungkapnya.

Acara tersebut, dilanjutkan dengan satu persatu pimpinan baik dari yayasan, rektorat dan fakultas membaca puisi dalam mensukseskan dan memeriahkan gebyar bulan bahasa di FKIP UNA.

Kegiatan ini diakhiri dengan menyerahkan hadiah kepada pemenang yang telah mengikuti perlombaan berupa trofi+sertifikat+uang. (Humas UNA).