UNA SAMBUT 18 MAHASISWA INBOUND PROGRAM PPM-DN KEMENDIKBUDRISTEK TAHUN 2021

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) menyambut mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) Kemendikbudristek Tahun 2021.

Acara penyambutan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Hukum, Kampus UNA, secara daring dan luring melalui aplikasi zoom, pada Senin (11/10/2021).

Hadir 18 mahasiswa inbound yaitu 10 mahasiswa kuliah luring dan 8 mahasiswa kuliah daring yang berasal dari 12 perguruan tinggi di Indonesia diantaranya Universitas Merdeka Malang, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Gresik, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Majalengka, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Kuningan dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Penyambutan mahasiswa inbound ini disambut dengan tari kreasi mahasiswa UNA dan disiarkan langsung di chanel youtube FH UNA.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd, menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya PMM-DN tersebut.

”Alhamdulillah program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saya pribadi merasa sangat senang. Semoga pertukaran mahasiswa di masa mendatang dapat diadakan lagi mengingat banyak sekali manfaat yang akan didapatkan,” ujarnya.

“Kami harap dapat berkolaborasi dengan universitas lain dalam hal pendidikan untuk menuju kualitas yang lebih baik. Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa pertukaran pelajaran PMM-DN, kami dari UNA sangat menyambut hangat kedatangan adik-adik mahasiswa sekalian. Semoga adik-adik mahasiswa sekalian semua dapat menjalankan proses dengan baik hingga akhir,” imbuhnya.

Program ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah air, menunjang penguatan kompetensi yang bisa menjadi bekal berharga bagi karier mahasiswa di masa mendatang, dan mempersiapkan para mahasiswa untuk menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan dan juga mengabdi terhadap bangsa dan negara.

“Proses pembelajaran ini tentunya membuka kemerdekaan belajar sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti program ini,” ungkapnya.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si menyampaikan kepada peserta bahwa melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya.

“Mahasiswa yang terpilih dalam kegiatan PMM-DN ini adalah mahasiswa pilihan dan unggulan yang telah lolos dari seleksi Kemendikbud-Ristek”.

Ini merupakan anugerah dan pilihan yang baik karena mendapatkan sharing knowledge yang berbeda, dan saat ini perlu dikembangkan pola pikir yang baru, sehingga perbanyaklah literasi-literasi yang berkaitan dengan teknologi.

“Selamat berkarya pada adik-adik mahasiswa untuk mempersembahkan hal terbaik bagi negara dan bangsa, bangunlah Global Mindset, namun jati diri tidak boleh ditinggalkan” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA  menyampaikan selamat datang di Kampus UNA, beliau pesan kepada mahasiswa inbound.

“Semoga semua mahasiswa inbound merasa nyaman, betah, dan ambilah manfaat dari kegiatan pembelajaran serta modul nusantara supaya kelak ketika kembali ke daerah masing-masing ada sesuatu yang diperoleh,” pesannya.

Keuntungan dari kegiatan ini yakni mendorong pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan membuka kesempatan mendapatkan biaya pengelolaan program.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka memberikan kesempatan belajar di kampus lain dan mengeksplorasi keragaman budaya Indonesia.

Progam ini dapat diikuti oleh mahasiswa dari semester 3 hingga semester 8. Melalui program ini, juga memungkinkan terjadinya pertukaran mahasiswa antarpulau baik dari PTN ke PTS maupun sebaliknya.

Sedangkan Wakil Rektor III UNA Ir. Ansoruddin Harahap, M.P memperkenalkan seluruh pemimpin baik dari Yayasan maupun Civitas Akademika UNA.

Turut hadir dalan kegiatan tersebut Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Wakil Sekretaris Yayasan UNA Zaid Afif, SH, MH, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil rektor I Bidang Akademik, dr. Sri Rahayu, M.Pd, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P, Seluruh Dekan dan Wakil dekan Se-lingkungan UNA.

Acara ditutup dengan foto bersama dan acara ini menerapkapkan protokol kesehatan yang ketat.