PENGENALAN KAMPUS, SEBANYAK 1203 MAHASISWA BARU UNA IKUTI PKKMB TAHUN 2021

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diikuti sebanyak 1203 mahasiswa Tahun 2021 yang dilaksanakan secara daring dan luring di kampus UNA Jl. Jend. A. Yani Kisaran, Rabu (15/9/2021).

PKKMB ini sesuai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa poin penting diselenggarakannya PKKMB disamping sebagai agenda rutin tahunan. Pertama, katanya, sebagai pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru agar mahasiswa baru mampu beradaptasi secara akademik-non akademik.

Rektor melanjutkan, PKKMB ini penting untuk pengenalan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa. Diharapkan acara ini akan menguatkan kesadaran dan kecintaan mahasiswa baru kepada tanah air dan NKRI.

Selain itu juga sebagai pengenalan wawasan global yang diharapkan mahasiswa baru harus mampu beradaptasi  dengan situasi sekarang ini yang dapat berinovasi, kreaktivitas dan berkarakter.

“Semoga PKKMB UNA 2021 berjalan dengan sukses dan selamat datang mahasiswa baru UNA, serta selamat mengukir prestasi demi nama baik UNA,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan Ir. Ansoruddin Harahap, MP selaku Penanggungjawab PKKMB UNA 2021  dalam penyampaian laporannya, mengatakan, selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru UNA 2021.

Kegiatan PKKMB ini diikuti 1203 mahasiswa baru, dengan rincian sebagai berikut: Fakultas Teknik sebanyak 180 mahasiswa, Fakultas Pertanian sebanyak 173 mahasiswa, Fakultas Ekonomi sebanyak 410 mahasiswa, Fakultas Hukum sebanyak 175 mahasiswa dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 252 mahasiswa.

“Tujuan dari diselenggarakannya pengenalan kehidupan kampus ini, untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati masa transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri,” ujarnya.

Lanjutnya, mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan, khususnya di UNA.

“UNA telah menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  yang dicanangkan oleh Kemendikbud yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan baik soft skill maupun hard skill,” imbuhnya.

Selain itu, agar mahasiswa UNA lebih siap dan relevan dengan kebutuhan jaman. Serta menyiapkan lulusan UNA sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan memiliki kepribadian yang baik.

Sementara itu, Ketua Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengajak mahasiswa baru untuk mengikuti Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru UNA 2021.

“Para mahasiswa UNA sekalian, marilah ikuti setiap kegiatan PKKMB ini dengan semangat, antusias, dan penuh suka cita,” tuturnya.

Para mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan, terus berkreasi dan saling berkolaborasi pada era kenormalan baru.

“Karya dan Karsa mahasiswa sangat penting untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, membangun Indonesia yang tangguh dan terus Bertumbuh,” terangnya.

Materi kegiatan PKKMB yakni Pengenalan Kampus, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental, serta Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Tak lupa juga menampilkan pemutaran video sambutan Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan Nadiem Makarim tentang Orientasi Mahasiswa Baru.

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 16-21 September 2021 dihadiri oleh Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si (Kepala LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara),  Dr. Mahriyuni, M.Hum (Sekretaris LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara), Dr. Isda Pramuniati, M.Hum (Ketua LPPM Unimed), Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Wakil Sekretaris Yayasan UNA Zaid Afif, SH, MH, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Sri Rahayu, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Abdul Rahman, SE, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P, Ketua LPPM Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum. Selain itu hadir juga Para Dekan, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi dilingkungan UNA, Ketua BEM, Mahasiswa dan mahasiswi baru UNA tahun akademik 2021/2022.