UNA DAN UGL ACEH TEKEN MOU

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) dan Universitas Gunung Leuser (UGL) Aceh melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdaka (MBKM).

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Rektorat UGL Aceh Jl. Iskandar Muda No. 1 Kotacane, Aceh Tenggara, Sabtu (11/9/2021) yang diteken langsung oleh Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dan Rektor UGL Dr. Indra Utama, S.Pd, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Tri Harsono mengatakan kerja sama antara UNA dan UGL Aceh ini meliputi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua universitas guna mengembangkan kerjasama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu sebagai sarana peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya ManUGL Aceha (SDM),” imbuh Tri Harsono.

Tri Harsono mengajak untuk bersama-sama mewujudkan sebuah perguruan tinggi yang maju dan modern yang menjadi salah satu agenda besar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dinamakan merdeka belajar dan kampus merdeka.

“Dan saya berpesan janganlah nota kesepahaman ini berhenti begitu saja setelah saya dan Dr. Indra Utama, S.Pd, M.Pd tandatangani. Tetapi harus ada implementasi ke depan dan dilakukan sesuai dengan konsep merdeka belajar ataupun kampus merdeka,” ujarnya.

Tri Harsono berharap dari kerja sama ini akan melahirkan kolaborasi riset antara UNA dan UGL aceh, menulis bersama jurnal, joint research, pengabdian kepada masyarakat serta pertukaran dosen dan mahasiswa.

Sementara itu, Rektor UGL Aceh, Dr. Indra Utama, S.Pd, M.Pd menyambut baik kerja sama tersebut. Indra Utama berharap kerjasama tersebut bisa terjalin kerjasama yang baik sesama perguruan tinggi dan saling menguntungkan satu sama lain.

“Kami berharap dengan kerjasama ini bisa menjadi jalan bagi UGL Aceh untuk bisa berkolaborasi dengan UNA,” harapnya.

Selain penandatanganan MoU antara UNA dengan UGL Aceh juga dilakukan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan, Ketua Lembaga dijajaran UNA dengan Dekan, Ketua Lembaga dijajaran UGL Aceh yaitu :

  1. Dekan Fakultas Teknik UNA Amir Hamzah, ST, MT dengan Dekan Fakultas Teknik UGL Aceh Harun Harasid, ST, MT.
  2. Dekan Fakultas Pertanian UNA Syafruddin, S.P., M.MA. dengan Dekan Fakultas Pertanian UGL Aceh Husainah Yusuf, SP, M.Si.
  3. Dekan Fakultas Ekonomi UNA Hadi Suriono, SE, MM. dengan Dekan Fakultas Ekonomi UGL Aceh Roezaini Soefi, SE, MM.
  4. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum dengan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UGL Aceh Makmur Hartono, S.Pd, M.Pd.

Penandatanganan MoA tersebut disaksikan oleh Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si didampingi Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si dan Rektor UGL Aceh Dr. Indra Utama, S.Pd, M.Pd  didampingi Ketua Yayasan UGL Aceh.

Usai Penandatanganan MoU dan MoA dilakukan lanjutkan dengan pertukaran cenderamata antara kedua belah pihak.

Tidak hanya antara rektor yang saling bertukar cenderamata tetapi para Dekan juga, antara Dekan dijajaran UNA dengan Dekan dijajaran UGL Aceh.

Acara Penandatanganan MoU dan MoA berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kedua belah pihak antara UNA dan UGL Aceh.

Harapan kedua kampus ini agar kedua kampus ini dapat berkolaborasi untuk dapat mengimplementasikan program yang telah diabuat pemerintah yaitu tentang Kampus Merdeka.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd diwakili Sekretaris Yayasan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Para Pengurus Yayasan UNA, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Para Wakil Rektor, Ketua Lembaga dan Para Dekan.

Sementara itu, pihak UGL Aceh dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan UGL Aceh, Rektor UGL Aceh Dr. Indra Utama, S.Pd, M.Pd, Para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Para Dekan dan Wakil Dekan, Para Ketua dan Sekretaris Prodi serta Para Dosen.