UNA SEMBELIH 4 HEWAN QURBAN

KISARAN- Universitas Asahan (UNA) menggelar penyembelihan empat hewan qurban di pelataran parkir kampus UNA, Rabu (21/7/2021).

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd dan Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si menyaksikan langsung pemotongan hewan qurban yang didampingi Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Wakil Rektor I, II dan III, Dekan, Wakil Dekan I, II dan III, dosen beserta pegawai UNA.

“Konsep Idul Adha 1441 H kali ini berbagi dan peduli antar sesama, Hablum Minallah dan Hablum Minannas, beribadah kepada Allah dengan berqurban, berbagi kepada umat manusia, kegiatan ini kita lakukan setiap tahun oleh Keluarga Besar UNA,” kata Rektor Universitas Asahan, Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si disela pelaksanaan penyembilahan hewan qurban.

Berqurban sebagai refleksi dan bentuk syukur diri terhadap kerja keras atas hasil yang diraih selama ini oleh UNA sebagai salah satu pusat pendidikan di Pantai Timur Sumatera yang terus berakselerasi menuju Perguruan Tinggi yang Unggul.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengatakan ini menjadi agenda rutin tiap tahun civitas akademika UNA.

Mengenai hewan qurban yang di sembelih, berasal dari keluarga besar UNA dan penyembelihan hewan qurban sesuai protokol kesehatan, dengan menyediakan masker dan hand sanitaizer.

Hari Raya Idul Adha tahun 1442 Hijriyah tahun 2021 ini. UNA menyembelih sebanyak 4 hewan qurban yaitu 4 ekor lembu”, ujarnya.

Menurutnya berqurban itu sendiri adalah memiliki artian yaitu menyembelih hewan ternak seperti sapi, domba, kambing dan unta dengan maksud mendekatkan diri dan melaksanakan perintah Allah S.W.T.

Selain itu di balik meriahnya pelaksanaan qurban hari raya Idul Adha ini, terdapat dan menyimpan manfaat yang luar biasa.

Karena berqurban itu dilakukan oleh orang yang penuh niat dan memiliki kemampuan. Dan daging qurban itu dibagikan buat mereka yang kurang mampu dan golongan fakir miskin, sebutnya.

“Daging qurban tersebut akan dibagikan kepada para pengurban, internal keluarga besar UNA dan masyarakat sekitar kampus,” katanya seraya menyebut ibadah qurban, memiliki manfaat dan hikmah.

Selanjutnya, UNA mempunyai kepriabadian berupa akhlakul karimah diberikan dalam bentuk ibadah qurban dengan penuh kasih sayang. Karenanya, panitia saling membantu dalam pembagian qurban yang menjadi motto kepribadian tersebut. (Humas UNA).