TIGA PROPOSAL MAHASISWA UNA LOLOS PHP2D TAHUN 2021 YANG DIDANAI KEMDIKBUD RISTEK

KISARAN (7-7-2021)-Universitas Asahan (UNA) berhasil meloloskan tiga proposal Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemdikbud Ristek, 14-30 juni 2021 lalu.

Pengumuman ini diberitahukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui surat pemberitahuan Nomor : 3521/E2/KM.09.01/2021 tertanggal 5 Juli 2021, perihal Penerima Bantuan PHP2D Tahun 2021.

Dari kegiatan PHP2D ini, UNA urutan 15, 295, 320 dari 563 proposal berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Adapun ketiga proposal PHP2D tersebut berasal dari tiga lembaga mahasiswa UNA.

Yaitu Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK) Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi yang diketuai Mhd. Nurdin NPM : 18021100 dengan judul proposal : “Pemanfaatan Limbah Fermentasi Kotoran Sapi Menjadi Media Tumbuh Kutu Air Untuk Meningkatkan Produksi Benih Ikan Gurami Di Desa Suka Damai Barat Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan”. Dosen Pembimbing Juliwati Putri Batubara, S.Pi., M.Si.

Lalu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Pertanian Prodi Budidaya dan Perairan (BDP) yang diketuai Andri Pratama Wibowo NPm : 18022011 dengan judul proposal : “Pengembangan Desa Konservasi Magrove Pantai Sejarah Desa Perupuk Melalui Rintisan Sekolah Magrove di Kabupaten Batubara”. Dosen Pembimbing Azizah Mahary, S.Pi., M.Si.

Kemudian, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Pertanian  yang diketuai Ricky Sencaka NPM : 18021076 dengan judul proposal : “Pemerdayaan Warga Desa Medang Kuala Sipari Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Melalui Disain Kontruksi Budidaya Kerang Darah”. Dosen Pembimbing Khairani Laila, S.Pi., M.Agr.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas pencapaian prestasi para mahasiswa dan dosen.

“Alhamdulillah, prestasi ini patut kita syukuri, apalagi jumlah proposal dari kita yang lolos meningkat tajam dari tahun lalu hanya 1 proposal dan tahun ini ada 3,” ujarnya.

Lanjutnya, beliau menerangkan, mahasiswa pelaksana PHP2D ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan kontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

Selain itu, terwujudnya mahasiswa berdaya saing melalui kolaborasi dalam pengembangan masyarakat desa di era industri 4.0.

Juga untuk mengembangkan kegiatan kemahasiswaan di desa yang dapat direkomendasikan sebagai konversi mata kuliah.

“Diharapkan pada Program PHP2D dapat ditingkatkan pada tahun berikutnya dan fakultas lain agar dapat mengikutinya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengucapkan selamat atas pencapaian prestasi para mahasiswa dan dosen, tentunya ini merupakan kerja keras dan keuletan dari mahasiswa dan dosen pembimbing yang selalu berupaya untuk memberikan kinerja terbaiknya untuk UNA.

“Kedepan dengan kebijakan merdeka belajar ‘kampus merdeka’, akan memberikan ruang untuk mahasiswa mengembangkan minat dan bakatnya,” harapnya.

Ir. Ansoruddin Harahap, M.P selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menjelaskan bahwa lolosnya proposal mahasiswa yang didanai oleh Kemdikbud Ristek dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa lain untuk berprestasi dan meningkatkan citra kampus kedepannya.

“Keberhasilan para mahasiswa dan dosen pembimbing yang lolos proposal PHP2D ini merupakan hal yang luar biasa, tentunya ini kerja keras semua dan didukung oleh Yayasan, Universitas, Fakultas maupun Prodi,”imbuhnya.

Lebih lanjut beliau menambahkan, capaian yang diperoleh mahasiswa UNA ini prestasi yang sangat membanggakan.
Dikatakannya, bahwa tahun ini jumlah proposal yang lolos dibiayai Kemdikbud Ristek bisa bersaing dengan kampus besar lainnya.

“Semoga prestasi yang telah dicapai terus ditingkatkan dari aspek kualitas serta kuantitasnya, dan tentunya hal tersebut akan membawa dampak dan manfaat positif bagi almamater kampus,” ungkapnya. (Humas UNA).