UNA GELAR SELEKSI PILMAPRES TAHUN 2021

KISARAN – Universitas Asahan (UNA) menggelar Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2021 di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNA secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan, Jumat (28/05/2021).

Sebanyak 15 mahasiswa ikuti ajang kompetisi Pilmapres. 15 mahasiswa tersebut merupakan perwakilan 3 fakultas di lingkungan kampus UNA.

Proses seleksi dilaksanakan dengan melibatkan dewan juri yang sesuai dengan bidangnya. Juri Keterampilan dan gagasan kreatif yaitu Tarida Ilham Manurung, S.Pd, M.Pd. Juri Pengetahuan Umum dan capaian unggulan Hari Sambayu, S.Pd, M.Hum. Juri kemampuan berbahasa inggris Susi Masniari Nasution, M.Si.

Acara tersebut, dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan, pelaksanaan pilmapres bertujuan untuk meningkatkan jumlah gagasan kreatif mahasiswa untuk pembangunan yang berasal dari kampus.

Bagi perguruan tinggi, pilmapres bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat kesadaran pengelola kampus dalam memfasilitasi kreativitas mahasiswa serta memberikan penghargaan mahasiswa berprestasi melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Pilmapres tahun 2021 mengalami sedikit perubahan yakni mengintegrasikan assessment berbagai kemampuan yang dibutuhkan masyarakat.

“Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup. Di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreatif, dan karakter unggul lainnya,” terangnya.

Beliau menambahkan, dua indikator penilaian yang digunakan untuk pilmapres 2021 yaitu capaian unggulan yang harus diperhatikan terdiri dari berbagai kompetisi atau juara yang pernah dicapai mahasiswa berprestasi, recognition, penghargaan yang didapat, kemudian karir dalam organisasi pemberdayaan serta kewirausahaan.

Indikator kedua, adalah gagasan kreatif mahasiswa yang dipresentasikan di depan juri dengan menggunakan bahasa Inggris.

Mewakili pimpinan dan seluruh sivitas akademika, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya Pilmapres 2021. Khususnya kepada tim juri dan juga memberikan dukungan kepada seluruh peserta.

“Terima kasih atas kerja samanya untuk menyukseskan acara ini. Apapun kegiatan yang penting dalam kegiatan kemahasiswaan adalah prestasi. Selamat berkompetisi, selama berjuang. Semoga apa yang dilakukan hari ini bisa menghasilkan prestasi terbaik untuk mahasiswa UNA,” imbuhnya. (Humas UNA).