BERSAMA UNA, DESA TANJUNG ASRI BERSIAP MENJADI DESA UNGGUL

ASAHAN – Fakultas Teknik, Universitas Asahan (UNA) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tanjung Asri Kecamatan Sei Dadap. Kegiatan tersebut berlangsung  pada 6-10 April 2021.

Berkerja sama UNA melalui Fakultas Teknik Khususnya Prodi Teknik Informatika dengan Pihak Pemerintahan Kabupaten Asahan yaitu Dinas Koperasi dan Perindustrian serta pihak Perbankan yang pada saat ini di wakili oleh Bank Sumut dalam kegiatan Pemberdayaan Dan Pengembangan Pengelolaan Usaha Mikro.

Beragam kegiatan pendampingan masyarakat diberikan oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik UNA sebagai bentuk implementasi salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat.

Diantaranya saat monev  kegiatan pengabdian, oleh Tim Monev UNA Menyampaikan kepada pihak Desa “Pentingnya Peran Dunia Perguruan Tinggi dan Akademisi bagi Masyarakat, yaitu membantu memecahkan masalah yang ada di tengah – tengah masyarakat” ungkap Tri Harsono selaku Rektor UNA dan Ketua Tim Monev.

Selain diisi materi seminar dan pelatihan dari dosen Fakultas Teknik UNA, rangkaian kegiatan diisi juga oleh Roger Situmorang, Kepala Bidang Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan dengan materi  belajar dan wirausaha muda berprestasi. “Kami siap bah … menjadikan tanjung asri menjadi desa kreatif atau unggul, bersama UNA dan Bank Sumut dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Usaha Mikro” tegas Roger Situmorang dengan logat bataknya yang kental.

Beberapa agenda kegiatan pendampingan masyarakat di Desa Tajung Asri diantaranya, penyuluhan tentang pemakaian mesin pencacah rumput gajah untuk pakan ternak dan alat pengiris singkong serta penyuluhan mengenai produk pertanian yang baik sebagai pemberdayaan melalui kemitraan usaha mikro oleh dosen Rahmadsyah, ST, M,T dan T Jukdin S.M.Eng.

Pelatihan pembuatan sketsa dan pembuatan tata taman desa serta penyuluhan media pembersihan air kotor sebagai pemberdayaan melalui kemitraan usaha mikro oleh dosen Ir Amir Hamzah, M.T , Alexander Tuahta,S.T, M.T, dan Simon Petrus Simorangkir. S.T M.T.

Pembuatan website sistem informasi kewirausahaan desa dan pelatihan sosial media serta pelatihan pemograman Java anak usia produktif sebagai pemberdayaan melalui kemitraan usaha mikro oleh dosen Harmayani, S.T M.Kom, Dicky Apdillah, S.T M.Kom, dan Azrai Sirait, S.T M.Kom.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena kegiatan ini mampu membuka wawasan dan mengubah mindset masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat ditengah pandemi,” kata Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dicky Apdillah , Jumat lalu (8/4/2021).

Kegiatan PKM ini mendapatkan dukungan dari kepala desa setempat sehingga output dapat tercapai yaitu meningkatnya pemahaman seputar teknik pertanian,  kewirausahaan dan sosial ditengah pandemi Covid-19.

“Kami ucapkan terimakasih dengan dipilihnya dengan Tanjung Asri menjadi lokasi KKN dari Universitas Asahan. Kegiatan ini banyak memberikan manfaat bagi warga desa kami menuju desa wisata seperti di Yogyakarta” kata Lasiman, Kepala Desa Tanjung Asri.