PERKUAT KERJASAMA KELEMBAGAAN, UNA DAN STMIK ROYAL KISARAN TEKEN MoU

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) terus memperkuat jejaring kerjasama antar perguruan tinggi, kali ini UNA melakukan penandatanganan MoU dengan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Royal Kisaran.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut, dilakukan oleh Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dan Ketua STMIK Royal Kisaran Wan Mariatul Kifti, S.E, M.M di Aula Fakultas Hukum UNA, kampus setempat, Sabtu lalu (10/04/2021).

Dalam kesempatan itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengatakan kerjasama antara UNA dan STMIK Royal Kisaran ini meliputi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua perguruan tinggi guna mengembangkan kerjasama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu sebagai sarana peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkapnya.

Kedua belah pihak sepakat melakukan kerja sama dalam hal pengembangan tri dharma perguruan tinggi serta program merdeka belajar kampus merdeka.

UNA dan STMIK Royal Kisaran juga akan bersinergi dalam berbagai hal, diantaranya baik dalam bentuk joint research, joint conference, joint publication hingga student exchange sebagai salah satu bentuk implementasi merdeka belajar.

“Bisa segera didiskusikan antar fakultas dalam waktu dekat ini aktivitas bersama apa yang bisa dilakuakan, terkait masalah pelaksanaannya, bisa dibicarakan terlebih dahulu,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd diwakili Sekretaris Yayasan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si mengapresiasi terjalinnya MoU antara UNA dengan SMTIK Royal Kisaran tersebut, ia berharap implementasi MoU ini dapat segera dilakukan, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh kedua belah pihak.

Ketua STMIK Royal Kisaran Wan Mariatul Kifti, S.E, M.M menyampaikan bahwa STMIK Royal Kisaran terus meningkatkan kerja sama dengan pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Ia juga mengingatkan bahwa hubungan STMIK Royal Kisaran dengan UNA adalah kombinasi yang sangat baik dan kebutuhan bersama.

Kami sangat bersyukur dengan adanya MoU dengan UNA, menurutnya ini momentum yang sangat baik karena dengan adanya nota kesepahaman ini kedua belah pihak dapat memberikan akses yang luas untuk meningkatkan institusi kelembagaan masing-masing, terutama untuk para dosen STMIK Royal Kisaran dalam meningkatkan skill keilmuannya.

“Kami berharap dibawah payung MoU ini  punya mitra untuk melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan yang mengarah dalam membina kerjasama antar kedua perguruan tinggi, terutama dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Wan Mariatul Kifti juga menjelaskan kerja sama kedepan mungkin tidak lagi selalu berorientasi kepada kerja sama yang sifatnya fisik, namun kerja sama yang sifatnya digital perlu kita dorong secara bersama-sama, untuk menghadapi reformasi teknologi dalam pendidikan.

Harapan kedua kampus ini, agar kedua belah pihak dapat berkolaborasi untuk dapat mengimplementasikan program yang telah dibuat pemerintah yaitu tentang Kampus Merdeka.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd diwakili Sekretaris Yayasan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Para Pengurus Yayasan UNA, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Para Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Para Dekan dan Wakil Dekan, Para Ketua dan Sekretaris Prodi serta Para Dosen.

Sementara itu, pihak STMIK Royal Kisaran dihadiri oleh Ketua STMIK Royal Kisaran Wan Mariatul Kifti, S.E, M.M, Para Wakil Ketua, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Para Dekan dan Wakil Dekan, Para Ketua dan Sekretaris Prodi serta Para Dosen. (Humas UNA).