UNA DAN PEMKO TANJUNG BALAI JALIN KERJASAMA DALAM MEWUJUDKAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

KISARAN-Sebagai bentuk komitmen dan tindaklanjut dari pertemuan beberapa waktu yang lalu serta mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Asahan (UNA) dan Pemerintahan Kota (Pemko) Tanjung Balai sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

Penandatangan MoU dilakukan Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dengan Walikota Tanjung Balai M. Syahrial Batubara, S.H, M.H di Aula Fakultas Hukum UNA, Rabu lalu (7/4/2021).

MoU tersebut meliputi bidang pendidikan yakni pengembangan sumber daya manusia, bidang penelitian meliputi pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, bidang pengabdian kepada masyarakat meliputi pemberdayaan masyarakat. Nantinya implementasi usai penandatanganan MoU nantinya akan langsung terlaksana antara Fakultas yang ada di UNA dengan Intansi-instansi terkait yang ada di Pemkot Tanjung Balai.

Dalam sambutannya, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengatakan perguruan tinggi merupakan lembaga yang dapat mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat.

“Dengan adanya kerja sama ini, banyak manfaatnya yang bisa diperoleh, baik untuk UNA maupun pemerintah daerah itu sendiri,” katanya.

Lanjutnya, selain untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kerjasama ini juga bertujuan untuk mensinergikan potensi perguruan tinggi dengan pengembangan potensi yang ada di Pemko Tanjung Balai.

“Dengan segala potensi yang dimiliki UNA, seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan untuk melakukan riset, maka dapat dilakukan kajian akademis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat”, jelasnya.

Harapannya, melalui MoU yang telah terlaksana bersama Pemkot Tanjung Balai semoga kedepan kerjasama di bidang pengembangan pendidikan pelatihan dan pengembangan SDM dapat terwujud, karena berdasarkan data mahasiswa banyak masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanjutkan pendidikan Strata I (S1) di UNA, sebut Rektor UNA.

“Dalam catatan kami setidaknya sekarang ada 1738 mahasiswa UNA yang berasal dari Tanjung Balai,” ungkapnya.

Wali Kota M. Syahrial Batubara, S.H, M.H mengungkapkan, sejauh ini Pemkot Tanjungbalai telah menjalin MoU dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Dan MoU tersebut akan lebih dikonkritkan lagi ditingkat OPD, agar pelaksanaan MoU berjalan dengan baik.

“Kita ingin setiap OPD menindaklanjuti MoU ini sesuai dengan bidangnya masing-masing. Karena hal itu merupakan komitmen kita bersama dalam mewujudkan Kota Tanjungbalai berprestasi, religius, sejahtera, indah dan harmonis “BERSIH”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota mengharapkan kerjasama ini kedepan bisa memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat, bagi pembangunan Kota Tanjungbalai yang lebih baik lagi.

Untuk lebih efektifnya kesepakatan bersama ini, perlu adanya agenda atau diskusi yang berkelanjutan yang jadwalnya bisa diatur antar kedua belah pihak. Hal itu untuk membicarakan hal hal yang berkembang sesuai kondisi perkembangan dan aturan yang ada, tentunya hal ini untuk menciptakan good goverment di lingkungan Pemko Tanjungbalai.

“Mari sama-sama kita bangun Kota ini, karena tanggungjawab membangun kota bukan hanya berada pada Pemkot Tanjungbalai saja melainkan swasta dan universitas. Saya akan mendukung gagasan ide pembangunan dan pemberdayaan yang nyata untuk masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengapresiasi atas kerjasama yang telah terjalin melalui MoU hari ini, dan kedepannya sinergitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tanjung Balai terus terjalin.

Beliau berharap, dengan penandatangan  MoU ini, hubungan silaturrahim antara UNA dan Pemko Tanjung Balai akan lebih erat lagi di masa yang akan datang.

“Dan yang lebih penting lagi, penandatanganan MoU ini  mudah-mudahan dan insya Allah memberi manfaat kepada kedua belah pihak, baik UNA maupun Pemko Tanjung Balai,” harapnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Wakil Sekretaris Yayasan Zaid Afif, S.H, M.H, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Para Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Para Dekan dan Wakil Dekan, Para Ketua dan Sekretaris Prodi serta Para Dosen.

Sementara itu, pihak Pemko Tanjung Balai dihadiri oleh Sekdakot Tanjungbalai Yusmada, Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, Para OPD dilingkungan Pemkot Tanjungbalai.