UNA DAN ULB TEKEN KERJASAMA TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) bersama Universitas Labuhanbatu (ULB) sepakat menjalin kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal ini, ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dengan Rektor Universitas Labuhanbatu Ade Parlaungan Nasution, S.E, M.Si, Ph.D di Aula Fakultas Hukum UNA, Senin (5/4/2021).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Para Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Para Dekan dan Wakil Dekan, Para Ketua dan Sekretaris Prodi serta Para Dosen.

Sementara itu, pihak ULB dihadiri oleh Rektor Universitas Labuhanbatu Ade Parlaungan Nasution, S.E, M.Si, Ph.D, Ketua Yayasan ULB Dr.H. Amarullah Nasution, SE., MBA, Para Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Para Dekan dan Wakil Dekan, Para Ketua dan Sekretaris Prodi serta Para Dosen.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengatakan, MoU kali ini membahas kolaborasi antar dua universitas dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua universitas guna mengembangkan kerjasama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu sebagai sarana peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM),” terangnya.

Tri Harsono mengajak untuk bersama-sama mewujudkan sebuah perguruan tinggi yang maju dan modern yang menjadi salah satu agenda besar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dinamakan merdeka belajar dan kampus merdeka.

“Ia menekankan bahwa setiap terjadi MoU, maka MoA juga harus dilaksanakan atau diimplementasikan, sehingga diharapkan kita dapat saling support”, ungkapnya.

Kerjasama kedua belah pihak bertujuan untuk meningkatkan kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti join in research antara dosen UNA dan ULB, pertukaran dosen dan mahasiswa, pengabdian dan penelitian.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengatakan ini semua sebuah harapan besar, semoga kerjasama ini tidak berhenti diatas kertas saja, namun kelak dapat menjadi landasan bagi penyelenggaraan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Pendidikan idealnya dilihat sebagai bagian penting dari strategi perjuangan mewujudkan cita-cita kemanusiaan, kebangsaan dan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu pendidikan tinggi haruslah maksimal dan optimal. Marilah kita maksimalkan semua sumberdaya yang kita miliki untuk mengarah pada tercapainya tujuan mulia tersebut,” ujarnya.

Beliau berharap kerjasama harus ada follow upnya, sehingga dapat mencapai tujuan bersama dalam mengeksplor minat dan membentuk karakter mahasiswa menjadi lebih berkompeten.

Rektor ULB Ade Parlaungan Nasution, S.E, M.Si, Ph.D berharap kerjasama ini bisa benar-benar teralisasi dengan baik dan mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan ini dapat bermanfaat bagi kedua kampus.

Tambahnya, penandatanganan naskah kerjasama ini diharapkan menjadi pondasi yang kokoh untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemaslahatan bersama. (Humas UNA).