FKIP UNA BERSAMA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ASAHAN MENYELENGGARAKAN BIMTEK PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR

KISARAN –Pelatihan bagi guru merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para guru, sehingga para guru dapat memperoleh keunggulan yang kompetitif dalam proses belajar mengajar.

Dalam hal ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Guru Sekolah Dasar (SD) meliputi Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran.

Kegiatan tersebut diikuti 117 orang guru SD se-Kecamatan Kisaran Timur  di Aula FKIP UNA mulai dari pagi hingga sore hari pada Sabtu, (27/03/2021).

Setiap peserta tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Turut hadir dalam kesempatan itu yakni Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si yang diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P, Dekan FKIP UNA Dr. Elly Ezir, MS, Kadis Pendidikan Kab. Asahan Drs. SOFIAN, M.Pd, Kacabdis Pendidikan Kec. Kisaran Timur Dr. Salim Fauzi, M.H, para Wakil Dekan FKIP, Para Ketua dan Sekretaris Prodi FKIP UNA, Para Dosen dan para peserta bimtek.

Sebagai Narasumber yaitu Drs. Sofian, M.Pd (Kadis Pendidikan), Prof. Dr. Julaga Situmorang, M.Si (Unimed) dan Prof. Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd (Unimed).

Dekan FKIP UNA Dr. Elly Ezir, MS mengungkapkan, pelatihan ini diselenggarakan demi menambah kompetensi guru SD, dengan dasar tenaga pendidik harus bisa terus beradaptasi dan berkembang pesat. Oleh sebab itu, melalui bimtek ini diharapkan kepada peserta agar kegiatan ini diikuti dengan secara seksama, sangat pasti informasi-informasi yang terkini selalu tetap di sektor pendidikan yang banyak relevansinya.

Dekan FKIP menambahkan, kegiatan ini realisasi dari MoU antara UNA dengan Pemkab Asahan yang ditindaklanjuti dengan MoA FKIP UNA dengan Dinas Pendidikan Kab. Asahan dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si yang diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P berharap kegiatan ini dapat membawa dampak yang positif bagi dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Asahan.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Mudah-mudahan kita berharap kegiatan ini membawa dampak yang baik, baik UNA, bagi Bapak/ibu guru peserta dan yang paling penting adalah membawa dampak yang positif bagi dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Asahan.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. Sofian, M.Pd. Ia mengatakan bimtek ini inisiasi dari FKIP UNA sebagai implementasi antara MoU Pemkab Asahan dengan UNA, kemudian dilanjutkan dengan MoA Dinas Pendidikan Kab. Asahan dan FKIP UNA pada waktu yang lalu.

Beliau juga menyampaikan dengan dilakukan kegiatan ini secara bertahap peningkatan kompetensi guru akan semakin meningkat yang akhirnya dalam proses pembelajaran ini akan semakin baik serta diperoleh hasil yang akan semakin meningkat. Ia berpesan kepada peserta untuk melakukan evaluasi terhadap peserta didik, dimana yang daya serapnya rendah untuk dapat digerakkan agar mendapat hasil yang mendekati sama.

Dalam kondisi pandemi virus COVID-19 layanan pendidikan tidak sempurna dan kegiatan belajar dari rumah baru pertama kali dilakukan dalam proses pembelajaran.

“Kita berharap di proses pembelajaran saat ini guru mengajar dari sekolah, menyampaikan materi dari sekolah, dan anak-anak belajar dari rumah, serta yang esensi adalah bagaimana pembelajaran itu tidak berhenti tetapi anak-anak tetap sehat”. harapnya.

Bimtek diselenggarakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan praltek. Selama pelatihan peserta mendapat materi mengenai program tahunan dan program semester, pengembangan silabus dan RPP, instrumen penilaian, dan pengenalan sumber belajar.