LPM UNA GELAR PELATIHAN PENGUATAN SDM, PENYUSUNAN DOKUMEN DAN AUDITOR

KISARAN- Meningkatkan kualitas penjamin mutu merupakan hal sangat penting pada institusi Perguruan Tinggi (PT), termasuk di tingkat fakultas. Karena akan menambah point plus bagi PT atau universitas.

Peningkatan penjamin mutu harus diikuti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk menghasilkan luaran yang bagus. Sehingga diperlukannya seorang auditor yang berkompeten untuk menunjang peningkatan penjaminan mutu fakultas maupun universitas.

Untuk mencapai hal tersebut, Lembaga Penjamin Mutu Universitas Asahan (LPM UNA) menggelar Pelatihan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), penyusunan dokumen dan auditor selama 3 (tiga) hari dari tanggal 6 – 8 Maret 2021. Para peserta terdiri dari dosen UNA yang telah memiliki sertifikat SPMI. Pelatihan tersebut diadakan di Aula Fakultas Hukum UNA, Pada Sabtu (6/3).

Kegiatan ini menghadirkan tiga Narasumber Dr. Ir. M. Aman YamanM. Agric.Sc (Unsyiah), Dr. Mahriyuni, M.Hum (Sekretaris LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara)  dan Dr. Isda Pramuniati, M.Hum (Unimed).

Turut hadir dalam kegiatan itu yakni Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si diwakili Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Dr. Sri Rahayu, M.Pd, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd diwakili Zaid Afif, SH., MH, Sekretaris Pengurus Yayasan Ir. Lokod Ridwan Batubara, M.Si, Ketua dan Sekretaris LPM UNA, Ketua dan Sekretaris LPPM UNA dan Para peserta pelatihan.

Ketua Panitia, Abdul Rahman, SE, M.Si dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal, dalam usaha menjamin dan meningkatkan mutu Perguruan Tinggi yang didalamnya mencakup kelengkapan standar, pelaksanaan standar, evaluasi, pengendalian dan peningkatan standar.

Pelaksanaan penjaminan mutu akan dievalausi melalui audit mutu internal. Audit dilaksanakan untuk mengetahui apakah pelaksanaannya sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hasil audit akan mengambarkan kondisi mutu masing-masing Program Studi dalam rangka menentukan perbaikan mutu.

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan adalah untuk melatih peserta melaksanakan audit mutu internal dengan memverifikasi kesesuaian pelaksananan SPMI dengan SN Dikti dalam mendapatkan rekomendasi mutu serta mendidik dosen menjadi auditor internal. Bahwa Audit internal ini akan focus pada Akriditasi baik prodi maupun fakultas dan institut.

Perguruan Tinggi terus dipacu dan berpacu dalam meningkatkan mutu sehingga dapat menjelma menjadi lembaga pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu adalah dengan membangun sistem pengendalian yaitu proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan perguruan tinggi.

Agar sistem pengendalian dapat berjalan dengan baik, maka dibutuhkan auditor yang memiliki pemahaman utuh tentang proses audit, jenis audit, hasil audit dan hal-hal penting lainnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si diwakili Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Dr. Sri Rahayu, M.Pd dalam sambutan dan arahannya beliau menyampaikan dalam manajemen telah telah menyoroti penting mutu sebuah lembaga, sehingga mutu inilah yang menjadi jualan kita keluar dalam mengembangkan kelembagaan UNA. Kita harap kepada dosen yang mengikuti pelatiihan ini agar dapat mengikuti sesuai dengan prosedurnya agar hasilnya menjadi konsep dan bahan para dosen yang menjadi auditor nanti dalam menjalankan tugasnya sebagai auditor internal.

“Indikator ketercapaian kegiatan ini yaitu menghasilkan auditor internal yang profesional dan independen serta menghasilkan dokumen mutu perkuliahan khususnya di UNA”, ungkapnya.

Beliau juga berharap lewat kegiatan tersebut, penjamin mutu di UNA semakin bagus dan maju, karena hal tersebut mempengaruhi pada akreditasi baik dalam tingkat program studi maupun institusi dengan menerapkan 9 kreteria.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd diwakili Zaid Afif, SH., MH dalam sambutannya beliau berpesan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini diharapkan mengikutinya dengan sungguh-sungguh agar nantinya ilmu yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini dapat diimplementasikan dalam melakukan Audit Mutu Internal (AMI)..

Visi perguruan tinggi harus tercermin dari apa yang akan dilakukan. Semakin banyak standar semakin akan dijaga. Mulai dari rekrutmen dosen harus jelas betul. semakin standar terinci semakin terjaga kualitasnya.

Materi dalam kegiatan ini mencakup kajian singkat tentang SN-DIKTI, SPMI, dan Audit Mutu Internal. Dalam pelatihan ini juga dilaksanakan praktik audit mutu dokumen dan penyusunan laporan temuan audit. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat melahirkan auditor internal yang handal dan profesional untuk meningkatkan mutu Program Studi menuju akreditasi yang unggul.

Sementara itu narasumber, Dr. Mahriyuni, M.Hum (Sekretaris LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara) mengatakan Ruh pada prodi untuk eksis, branding dan benchmarking ada pada auditor dan dari hasil audit internal. Sebagaimana diketahui akreditasi dengan menganut 9 standar, maka dibutuhkan ramuan atau sinergi tentang bagaimana semua merupakan suatu link dan network dengan menyajikan data yang mendukung.

Pada setiap tahap pelatihan dilakukan Pre-test dan setelah materi disampaikan pada akhir materi dilakukan post-tes pada semua peserta. Hal ini dilakuakan untuk mengukur tingkat kemampuan peserta dalam menyerap dan memahami materi yang telah disampaikan oleh tutor.  (Humas UNA).