UNA JALIN KERJASAMA DENGAN POLTAS

Universitas Asahan (UNA) bersama Politeknik Aceh Selatan (Poltas) sepakat menjalin kerjasama. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) yang dilakukan di ruang rapat kampus Poltas, pada Jumat (19/2).

Tujuan kerjasama ini adalah untuk memperkuat realisasi pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan konsep kampus merdeka.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan langsung oleh Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dan Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc yang disaksikan Sekretaris LLDIKTI Wilayah I Sumut, Dr. Mahriyuni, M.Hum, Sekretaris LLDIKTI Wilayah XIII Aceh Dr. Ilham Maulana, ST., MT.

Pada sambutannya, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si terima kasih pada Poltas yang telah menyambut baik kerjasama ini. Dengan adanya kolaborasi ini, UNA dan Poltas dapat saling berinovasi pada bidang Keteknikan Mesin dan IT serta berkerjasama dalam melaksanakan fungsi tridharma perguruan tinggi.

“Kami berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat semua pihak. Ruang lingkup kerjasama ini meliputi pertukaran informasi ilmiah dan teknologi, pengembangan sumber daya manusia dan mutu pendidikan melalui program pertukaran mahasiswa dan dosen.

Ketua Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd menuturkan, bahwa tantangan perguruan tinggi ke depan, selain menjaga mutu pendidikan, juga menilai seberapa jauh mampu bekerjasama dengan industri.

“Apalagi dengan adanya kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar yang menuntut kita untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi”, tuturnya.

Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Poltas atas kesediaan seluruh pimpinan bekerjasama dengan UNA dalam berbagai bidang yang tentunya dapat mendukung konsep kampus merdeka dan merdeka belajar.

Kerjasama ini merupakan komitmen UNA untuk saling bersinergi dengan berbagai elemen demi kemajuan dan perkembangan perguruan tinggi di Indonesia.

Pada kesempatan ini Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc mempresentasikan perkembangan dan capaian yang telah diraih.

“Pada masa pandemi covid-19, Poltas masih bisa berkarya dengan menghasilkan inovasi baru dan produk diantaranya bilik desinfektan, aplikasi pantau covid 19, aplikasi meukat berupa market online, kopiah bunggong situnjong, aneka kerajinan batu marmer dan rencong batu”, kata Dr. Yasar.

Saat ini rencong batu tembus 3 besar nominasi anugerah pesona Indonesia, dan akan diumumkan pertengahan maret tahun ini, tentunya capaian ini merupakan atas dukungan semua pihak, jelasnya.

Hadir pada acara tersebut, Rektor dan Wakil Rektor UNA, Ketua dan Pengurus Yayasan UNA, Para Dekan UNA, Ketua LPM UNA, Ketua LPPM UNA, Sekretaris LLdikti Wilayah I Sumut, Dr. Mahriyuni, M.Hum, Sekretaris LLdikti Wilayah XIII Aceh Dr. Ilham Maulana, ST., MT, Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, Pengurus Yapoltas Mukhlis, S.Ag, Wadir I Nuzuli Fitriadi ST., MT., dan Wadir II Hardisal, ST., M.Kom serta civitas akademika politeknik Aceh Selatan. (Humas UNA)