UNA DENGAN USI LAKUKAN PENANDATANGAN MOU DAN MOA

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) dengan Universitas Simalungun (USI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dan Rektor USI Dr. Corry, M.Si di Aula Biro Rektor UNA Jl. Jend. A. Yani Kisaran, pada Rabu (17/2).

Dalam kesempatan tersebut, Tri Harsono mengatakan kerja sama antara UNA dan USI ini meliputi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua universitas guna mengembangkan kerjasama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu sebagai sarana peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM),” imbuh Tri Harsono.

Tri Harsono mengajak untuk bersama-sama mewujudkan sebuah perguruan tinggi yang maju dan modern yang menjadi salah satu agenda besar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dinamakan merdeka belajar dan kampus merdeka.

“Dan saya berpesan janganlah nota kesepahaman ini berhenti begitu saja setelah saya dan Dr. Corry, M.Si tandatangani. Tetapi harus ada implementasi ke depan dan dilakukan sesuai dengan konsep merdeka belajar ataupun kampus merdeka,” imbuh Tri Harsono.

Tri Harsono berharap dari kerja sama ini akan melahirkan kolaborasi riset antara UNA dan USI, menulis bersama jurnal yang terindeks internasional, serta pertukaran dosen dan mahasiswa.

Sementara itu, Rektor USI, Corry menyambut baik kerja sama tersebut. Corry berharap kerjasama tersebut bisa memberikan kebaikan untuk kedua universitas.

“Kami berharap dengan kerjasama ini bisa menjadi jalan bagi USI untuk bisa berkolaborasi dengan UNA,” harap Corry.

Selain penandatanganan MoU antara UNA dengan USI juga dilakukan Penandatanganan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan dijajaran UNA dengan Dekan dijajaran USI yaitu :

  1. Dekan Fakultas Ekonomi UNA Aris Siregar, S.E., M.M. dengan Dekan Fakultas Ekonomi USI Elidawaty Purba, S.E., M.Si.
  2. Dekan Fakultas Pertanian UNA Syafruddin, S.P., M.MA. dengan Dekan Fakultas Pertanian USI Ir. Rosmadelian Purba, M.P.
  3. Dekan Fakultas Hukum UNA Dr. Bahmid, S.H., M.Kn. dengan Dekan Fakultas Hukum USI Dr. Riduan Manik, M.Hum.
  4. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNA Dr. Ely Ezir, M.S. dengan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USI Dr. Anita Purba, M.Hum. yang diwakili oleh Wakil Dekan I Dr. Tuti Ariani Nasution, M.Hum.
  5. Dekan Fakultas Teknik UNA Amir Hamzah, S.T., M.T. dengan Dekan Fakultas Teknik USI Dr. M. Ade Kurnia Harahap, S.T., M.T.

Penandatanganan MoA tersebut disaksikan oleh Rektor UNA dan Rektor USI. Usai Penandatanganan MoU dan MoA dilakukan lanjutkan dengan Pemberian Cenderamata dari Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si. dan Pengurus Yayasan UNA Drs. H. Mapilindo, M.Pd kepada Rektor USI Dr. Corry, M.Si

Tidak hanya antara rektor yang saling bertukar cenderamata tetapi para Dekan juga, antara Dekan dijajaran Universitas Asahan (UNA) dengan Dekan dijajaran Universitas Simalungun (USI).

Acara Penandatanganan MoU dan MoA berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kedua belah pihak antara UNA dan USI.

Harapan kedua kampus ini agar kedua kampus ini dapat berkolaborasi untuk dapat mengimplementasikan program yang telah dibuat pemerintah yaitu tentang Kampus Merdeka.