PROF. Dr. TRI HARSONO, M.Si DILANTIK MENJADI REKTOR UNA PERIODE 2021-2025

KISARAN-Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si resmi menjadi Rektor Universitas Asahan (UNA) Periode 2021–2025 setelah dilantik Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan UNA No. 01 Tahun 2021 tentang Pengangkatan dan Pengesahan Rektor Universitas Asahan.

Acara tersebut digelar di Aula FKIP UNA, Rabu (17/02/2021), dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yang di hadiri Bupati Asahan H. Surya, BSc, Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Para Pengurus Yayasan UNA, OPD terkait, Civitas Akademika dan para pegawai UNA.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan Bahwa Pelantikan Rektor Universitas Asahan yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan menjadi momentum untuk kemajuan UNA yang lebih baik kedepan.

Lebih lanjut Mapilindo juga menyampaikan harapannya kepada Rektor UNA yang baru untuk menjadikan UNA ini menjadi Universitas yang Unggul di Sumatera Utara yang pada akhirnya nanti bisa menjadikan UNA ini menjadi salah Satu Universitas Negeri yang ada di Sumatera Utara seperti Harapan Masyarakat Kabupaten Asahan apalagi UNA mendapat dukungan Penuh dari Pemerintah Kabupaten Asahan.

Sementara itu, Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dalam sambutannya usia dilantik mengatakan “Dengan kerja tim UNA menargetkan Akreditasi Institusi yang unggul di tahun mendatang. Meningkatkan produktivitas dengan kerja kolaborastif membuka lebar peluang berkolaborasi dengan siapapun untuk menciptakan hal yang lebih besar”, katanya usai dilantik.

Menurutnya UNA terus berkomitmen memperkuat inovasi dan daya saing melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan dan teknologi agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dunia Perguruan Tinggi saat ini sedang mengalami perubahan yang cukup cepat, kita tidak dapat menutup diri dari dinamika dan perkembangan Global, perkembangan peradaban manusia sangat dipengaruhi kemampuan masyarakat dalam menguasai Ilmu Pengetahuan dan teknologi. Disinalah pentingnya peran Perguruan Tinggi, sebagai pusat unggulan (Center Of Exellent) dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas, demikian disampaikan Bupati mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Buapati Asahan mengatakan Perkembangan Perguruan Tinggi dipengaruhi banyak faktor, antara lain ketersediaan sarana dan prasarana Pendidikan, Kurikulum, Dosen, Staf Administrasi disamping itu juga yang sangat menentukan adalah managemen dan Leadership dari Pimpinan Perguruan Tinggi utamanya Rektor.

Bupati juga menyampaikan harapannya agar pelantikan pada hari ini menjadi momentum bagi seluruh jajaran Universitas Asahan untuk menyamakan Visi Kedepan guna menjadikan UNA ini menjadi Universitas yang berkualitas dan memiliki daya saing Global.

Ketua Pembina Yayasan UNA Ir. Syarifullah Harahap, M.Si dalam sambutannya Selamat kepada Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si yang baru saja dilantik menjadi Rektor UNA 4 tahun kedepan.

Ia berharap kepada rektor baru dalam menahkodai UNA dapat menuntun ke arah pengembangan yang lebih baik dan unggul dalam segala bidang.

“Semoga rektor baru UNA nantinya mampu memberikan pengembangan inovasi dan kreasi ke arah yang lebih baik”, harapnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 1 Sumatera Utara Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mengaku bahagia bertemu dengan Bupati Asahan dan OPD serta undangan lainnya. “Saya ingin membangun kebersamaan dengan komitmen dan spirit keinginan untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi, kita semua memahami UNA ini bisa memenuhi harapan Pemkab. Asahan dan ini bisa menjadi memanfaatkan kampus ini menjadi ekselator kemajuan perubahan pendidikan”, imbuhnya.

Beliau berharap kepada Rektor yang baru sudah punya road map dan percaya yayasan UNA pasti akan mampu menjalankannya. yang namanya kehebatan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) itu adalah rekognisi yang menjadi poin penting adalah pengakuan orang luar terutama lulusan semakin banyak yang terserap dalaqm program-program PKL magang.

Ditambahkannnya, sekarang ini ada kampus merdeka, merdeka belajar. ini membuka luas-seluasnya kepada mahasiswa untuk bisa berpengalaman melakukan kegiatan diluar kampus, mau kuliah diluar program studi diluar kampus, dan mau melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial atau yang namanya praktikum dan sebagainya diluar kampus di masyarakat.

Makanya, tambah Kepala LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara, ada kegiatan kampus mengajar itu untuk mengeluarkan mahasiswa setara dengan 12 sks untuk melakukan pengabdian masyarakat. Bagaimana kita bisa memanfaatkan posisi kampus ini untuk bisa menjadi bagian dari majuan pembangunan, satu yang saya titipkan dengan cara seperti mutual namanya kana jadi ada simbiosis mutual sama-sama menguntungkan bagi kampus dan lembaganya tambah kuattapi juga masyarakat serta Pemerintahan Daerah itu juga dapat manfaat.

Acara pelantikan diakhiri dengan foto bersama dan bersalaman. (Humas UNA)