WUJUDKAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI, UNA JALIN KERJASAMA DENGAN PEMKAB ASAHAN

KISARAN-Dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Asahan (UNA) menandatangani kesepakatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan dan perjanjian kerjasama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Asahan dengan Fakultas-fakultas dilingkungan UNA di Aula Kantor Bupati Asahan, Selasa (29/12).

Penandatangan kesepakatan tersebut dilakukan oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Pejabat Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si.

Turut mendampingi Sekda Kab. Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si dan Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd. Penandatanganan disaksikan oleh jajaran pimpinan UNA dan Kepala OPD Kabupaten Asahan.

Ruang lingkup dalam kesepakatan bersama ini meliputi bidang pendidikan meliputi pengembangan sumber daya manusia, bidang penelitian meliputi kajian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, bidang pengabdian kepada masyarakat meliputi pemberdayaan masyarakat dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bupati Asahan H. Surya, BSc menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, perguruan tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat.

Beliau melanjutkan, dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki Perguruan Tinggi, seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan untuk melaksanakan riset dan kajian, maka wujud eksistensi dari peran Perguruan Tinggi merupakan salah satu agen pembangunan yang ada di daerah dan masyarakat indonesia.

“Kita semua tentu berharap, momentum penandatanganan nota kesepakatan ini, akan lebih memperkuat komitmen kiita bersama untuk terus berkiprah dan berkarya nyata dalam rangka memajukan daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di wilayah kabupaten Asahan,” imbuh Bupati Asahan.

Kesepakatan bersama ini, lanjutnya, dimaksudkan untuk membangun komitmen yang dapat mensinergikan dan menyelaraskan program pembangunan dan pendidikan di Kabupaten Asahan. Peningkatan kualitas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui jenjang pendidikan tinggi, dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kepada segenap civitas akademika yang hadir kami berharap, setelah penandatanganan nota kesepakatan ini, mari bersama-sama kita segera menyusun langkah-langkah untuk menindaklanjuti nota kesepakatan yang telah ditanda tangani bersama ini, mohon berikan pemikiran dan ide-ide pembangunan yang cemerlang kepada kami guna mendorong pelaksanaan percepatan pembangunan daerah khususnya di kabupaten Asahan,” pintanya.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si berharap, melalui hasil penelitian dan pengabdian dilakukan di wilayah Kabupaten Asahan dapat di aplikasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan melalui kebijakan-kebijakan strategisnya.

“Kami para akademisi tentu mempunyai tanggung jawab serta memiliki pengabdian yang ingin diterapkan di tengah-tengah masyarakat khususnya saat ini di wilayah Kabupaten Asahan”, pungkas Rektor UNA.

Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si mengatakan, tujuan dari kesepakatan bersama ini adalah meningkatkan akses, mutu, dan relevansi pelaksanaan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi UNA serta meningkatkan efisiensi, efektivitas, mutu pelaksanaan program pembangunan daerah dan pembangunan potensi sumber daya daerah Kabupaten Asahan.

Tambahnya, penandatanganan naskah kerjasama ini diharapkan menjadi pondasi yang kokoh untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemaslahatan bersama.

Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si juga menjelaskan Universitas Asahan sebagai institusi pembangunan pendidikan melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintahan Kabupaten Asahan.

“Semoga, setelah dilakukan penandatangan kesepahaman bersama ini, akan menjadi langkah awal untuk terjadinya transfer teknologi, informasi, inovasi untuk meningkatkan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Asahan dan Universitas Asahan”, ungkap Bupati Asahan.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan perjanjian kerjasama antara Fakultas Teknik UNA dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Asahan, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Asahan, dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, Fakultas Pertanian UNA dengan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan, Fakultas Ekonomi UNA dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Asahan, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Asahan, Fakultas Hukum UNA dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Asahan, dan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Asahan, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Asahan dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Asahan yang sudah bersedia menjalin kerjasama dan sudah melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama serta perjanjian kerjasama antara OPD dan Fakultas-fakultas dilingkungan UNA.

“Implementasi kesepakatan bersama yang kita lakukan yakni dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi, baik dalam pendidikan, pengajaran, penilitian dan pengabdian masyarakat. Dengan SDM serta sumbangsi pemikiran akan terus bersinergi berama pemerintah dalam membangun daerah bahkan Kabupaten Asahan kedepan,” ujar Ketua Pengurus Yayasan UNA.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si,  Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Dr. Sri Rahayu, M.Pd, Ketua LPM Abdul Rahman, M.Pd, M.Si, Dekan Teknik Ir. Amir Hamzah, MT, Dekan Pertanian Safruddin, SP, MP, Dekan Ekonomi Bati, SE, M.Si, Dekan FKIP Dr. Ely Ezir, MS, Dekan Fakultas Hukum Dr. Bahmid, M.Kn, Para Wakil Dekan I, II dan III se-lingkungan UNA, Ketua dan Sekretaris Prodi se-lingkungan UNA, KTU se-lingkungan UNA, Ka.Biro dan Kabag. UNA.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah diantara jajaran Pemerintah Kabupaten Asahan dan pimpinan UNA. Keduanya juga saling tukar cindera mata berupa plakat. (Humas UNA).