UNA GELAR SOSIALISASI PEMBUATAN LAPORAN BEBAN KERJA DOSEN SECARA ONLINE TAHUN 2020

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) menggelar Sosialisasi Pembuatan Laporan Beban Kerja Dosen Secara Online pada hari Selasa (22/12) di Aula Fakultas Hukum UNA Jl. Latsitarda Kel. Kisaran Naga Kabupaten Asahan.

Kegiatan ini diharapkan mampu mencapai target utama dalam penyusunan BKD bagi seorang dosen agar mampu melaksanakan kewajibannya secara benar dan sesuai dengan pedoman BKD, karena hal ini merupakan dasar pemberian tunjangan serdosnya.

Acara ini dibuka Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pentingnya bagi dosen untuk menyusun laporan BKD, karena itu sangat bermanfaat bagi dosen untuk pengurusan kenaikan pangkat jabatan fungsional.

Adapun tujuan dari pada evaluasi BKD adalah meningkatkan profesionalisme dossen dalam melaksanakan tugas, meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, meningkatkan akuntabilitas kinerja dosen, meningkatkan atmosfer akademik di perguruan tinggi dan mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen, disebutkan bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tugas utama dosen tersebut adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) SKS dan paling banyak 16 (enam belas) SKS pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik. Pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan. Buku Pedoman ini dimaksudkan untuk memberikan arah dan tata-cara penetapan Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Meskipun di tengah pandemi kegiatan ini tetap dilakukan sebagaimana mestinya namun tetap mematuhi protokol kesehatan 3M seperti mencuci tangan pakai sabun atau handsanitizer, memakai masker dan menjaga jarak.

Sebagai narasumber Dra. Leli Afriana, M.AP (selaku Subbagian Sumber Daya) dan Rika Devi Yanti Nasution, SH (selaku Staf Sumber Daya) LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara.

Dra. Leli Afriana, M.AP memaparkan bahwa Laporan BKD merupakan Kegiatan tridharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen yang meliputi bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penunjang Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Oleh karena itu, beban kerja dosen harus terdistribusi secara proposional dan terukur pada semua bidang kegiatan tridharma perguruan tinggi,” ujarnya.

Adapun pedoman perhitungan BKD mengacu kepada bebarapa unsur, yaitu unsur pendidikan dan pelaksanaan pendidikan, unsur pelaksanaan penelitian, unsur pelaksanaan kepada masyarakat dan unsur penunjang.

Sebagaimana diketahui bahwa dosen adalah salah satu komponen essential dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi. Peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan dosen yang profesional. (Humas UNA)