PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNA RAIH AKREDITASI B

KISARAN– Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Asahan (UNA) meraih akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Raihan akreditasi ini tertuang dalam keputusan BAN-PT Nomor : 7208/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 tertanggal 10 November 2020.

Dekan Fakultas Teknik UNA, Ir. Amir Hamzah, MT mengatakan bersyukur atas perolehan peringkat B untuk akreditasi Program Teknik Informatika Fakultas Teknik UNA.

“Hasil ini menjadi penambah semangat dan motivasi bagi kami untuk dapat bekerja lebih baik,” kata Amir Hamzah usai mendapatkan salinan sertifikat akreditasi kemarin (11/11) didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik Dicky Apdillah, S.T., M.Kom, Wakil Dekan Bidang Administarasi dan Keuangan Muhammad Yasin Simargolang, S.Kom., M.Kom, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Khairul Shaleh, S.Kom., M.Kom serta Ketua Prodi Teknik Informatika Harmayani, S.Kom., M.Kom.

 

Menurut beliau, hasil akreditasi B yang diperoleh Prodi Teknik Informatika merupakan kerja keras dan kerjasama seluruh Pimpinan dan Civitas Akademika UNA. “Termasuk dukungan Universitas, Alumni dan Mahasiswa,” ujarnya.

Terlebih proses penyusunan borang akreditasi dan pelaksanaan asesmen berlangsung secara daring di tengah pandemi covid saat ini.

“Tentu ini menjadi pengalaman tersendiri bagi kami, sebagaimana mengikuti pelaksanaan asesmen daring sesuai dengan petunjuk dari asesor,” tuturnya.

Pejabat Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si setelah mendapat kabar bahwa akreditasi Program Studi Teknik Informatika UNA mendapat predikat B, ia merasa syukur dan bangga atas torehan akreditasi prodi Teknik Informatika mendapat peringkat B.

“Semua ini anugrah dari Allah SWT, kita patut bersyukur akan semua ini. UNA akan selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan sehingga dapat bersaing pada tingkat global.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para dosen, staf tendik, alumni serta orang tua yang turut berkontribusi atas prestasi yang diraih oleh Program Studi Teknik Informatika UNA pada proses reakreditasi”, ungkapnya.

Hingga saat ini, dari 11 program studi yang ada di UNA 11 program studinya sudah terakreditasi B dan begitu juga Institusinya.

Ketua Program Studi Teknik Informatika, Harmayani, S.Kom., M.Kom mengatakan hasil tersebut adalah buah kerja keras seluruh pihak, terutama Tim Akreditasi Program Studi Teknik Informatika, Civitas Akademika UNA serta pihak-pihak eksternal.

Menurutnya, akreditasi bukanlah tujuan akhir tapi konsekuensi prestasi ini yang harus lebih ditingkatkan.

“Tentunya ini adalah kebanggaan luar biasa. Terimakasih atas kerja keras dan dukungan seluruh elemen yang turut mensukseskan kegiatan reakreditasi program studi Teknik Informatika.

Pencapaian ini semakin menunjukkan keseriusan UNA dalam meningkatkan kualitasnya sebagai perguruan tinggi yang unggul, berkompeten sehingga mampu bersaing dalam bidang teknologi.

Metode daring untuk pelaksanaan asesmen, menurutnya membutuhkan kreatifitas tim borang akan akan berhadapan langsung dengan asesor. Salah satunya kesiapan file-file yang dibutuhkan dalam bentuk softcopy, termasuk dalam bentuk audiovisual.

Adapun  asesor BAN PT yang melaksanakan asesmen secara daring yakni Prof. Dr. Ir. Eka Sediyono, M.Kom  dari Universitas Kristen Satya Wacana dan Dr. Wahyu Catur Wibowo, M.Sc, Ph.D dari Universitas Indonesia selama 2 hari (4-5 November 2020).

Dalam keputusan itu, tertulis bahwa program studi Teknik Informatika pada Program Sarjana UNA mendapat nilai 305 dengan peringkat B terhitung sejak tanggal 10 November 2020 hingga 10 November 2025. Akreditasi tersebut secara resmi dapat diakses oleh seluruh masyarakat pada laman http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php. Humas UNA).