UNA PRIORITASKAN DESA TELADAN MENJADI DESA BINAAN MODERN

KISARAN (9-11-2020)-Pihak Universitas Asahan (UNA)  memprioritaskan sekaligus berupaya mewujudkan Desa Teladan di Kecamatan Tinggi Raja sebagai Desa Binaan Modern sekaligus menjadi contoh bagi 177 desa yang tersebar pada 25 kecamatan  di Kabupaten Asahan.

Pencanangan konsep Desa Binaan Moderen ini sebelumnya mempertimbangkan  kesiapan Pemerintahan Desa Teladan terhadap beberapa program yang telah, sedang dan akan digelontorkan Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat UNA, terlebih adanya program dari Pimpinan UNA agar institusi pendidikan tinggi kebanggaan masyarakat Asahan dan sekitarnya ini dapat memberikan manfaat besar bagi pembangunan daerah.

Wakil Rektor III UNA, Ir. Anshoruddin Harahap, M.P menanggapi adanya rencana pencanangan Desa Binaan Modern ini menegaskan,  pihaknya  akan memberikan dukungan penuh agar rencana ini segera terealisasi, karena upaya ini dipandang sebagai langkah tepat dalam perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya dalam kaitan pengabdian kepada masyarakat.

“Selaku pimpinan UNA kami mengapresiasi terhadap rencana untuk merealisasikan Desa Binaan Modern yang tahapannya  telah dirintis  oleh Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat UNA di Desa Teladan Tinggi Raja”, ujar wakil rektor bidang Kemahasiswaan UNA sembari mengatakan dalam waktu dekat segera dilakukan  Memorandum of Understanding (MoU) untuk mewujudkannya.

Kepala Desa Teladan Tinggi Raja, Darwin mengatakan, dalam menyahuti rencana Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat UNA, pihaknya akan mengalokasikan pendanaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran  2021 untuk kegiatan pelatihan terkait program ke depan yang akan dilaksanakan secara bersama antara Tim Dosen UNA dengan Pemerintahan Desa Teladan.

“Silahkan Tim Dosen UNA  melaksanakan kegiatan pelatihan nantinya sesuai dengan kebutuhan di Desa Teladan, apalagi dari dua kegiatan yang dilaksanakan terdahulu kenyataannya mampu menumbuhkan motivasi dari warga untuk melaksanakan budidaya jahe merah yang diperkenalkan bagi anggota PPK”, ujar kades

Ketua Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat UNA, Dr. Dailami, M.I.Kom dalam siaran persnya, Senin (9/11) mengatakan, menyahuti kesiapan Pemerintahan Desa Teladan serta disinkronkan dengan program pengabdian UNA, tim  dosen segera menyusun skala prioritas terhadap kegiatan.meliputi berbagai bidang diantaranya  Pertanian, Ekonomi, Teknologi, Pendidikan, Hukum termasuk Sosial dan Budaya, untuk merealisasikan Desa Binaan Modern tersebut.

“Bersama anggota tim segera disusun program pelatihan sesuai dengan potensi dimiliki Desa Teladan, harapannya agar kegiatan dilakukan memberikan manfaat serta hasil nyata terhadap kemajuan Desa Binaan Modern nantinya”, kata Dailami.

Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat UNA untuk kedua kalinya memberikan pelatihan lanjutan tentang Budidaya Jahe Merah kepada masyarakat Desa Teladan, Sabtu (7/11) materi pelatihan mengenai Teknologi Pasca Panen Jahe Merah disampaikan Lanna Reni Gustianty, S.P., M.P dengan melibatkan anggota tim Ir. Cik Zulia, M.P, Tengku Syarifah, S.E., M.Si, Sri Rahmayanti, M.Si,  Wan Nurul Atikah Nasution, S.Pd., M.Pd dan  Sutriono, S.P., M.Agr.

Seusai pelatihan, tim dosen menyerahkan bibit jahe merah kepada Kepala Desa Teladan, selanjutnya kepala desa menyerahkannya kepada kelompok budidaya Jahe Merah Desa Teladan yang telah dibentuk sebelumnya. (Humas UNA).