LPPM UNA GELAR SEMINAR NASIONAL MULTIDISIPLIN TAHUN 2020

KISARAN, (Selasa, 22-09-2020)–Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Asahan (UNA) menggelar Seminar Nasional Multidisiplin Tahun 2020 dengan tema “Sinergi Hasil Penelitian Dalam Menghadapi Inovasi di Era Revolusi 4.0” di Aula Fakultas Hukum Universitas Asahan, Sabtu (19/9/2020). Kegiatan ini live via zoom dan dihadiri oleh 250 peserta yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Adapun Keynote speaker dalam kegiatan ini yakni Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si (Rektor UNA), Ns. Amelia, M.Kep, Sp. Kep.MB (Sekretaris LPPM Universitas Sari Mutiara Indonesia), Dr. Bahmid, M.Kn (Dekan Fakultas Hukum UNA), Robbi Rahim, Ph.D (Reviewer Jurnal Scopus), Ilham Zulfahri, M.Si (Dosen Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Ketua LPPM UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum mengatakan sejalan dengan visi dan misi UNA serta komitmen UNA dalam pengembangan sumber daya pedesaan tropis dan kearipan lokal.

“LPPM UNA menerapkan visi dan misi yaitu tahun 2022 LPPM UNA menjadi acuan pengembangan desa mandiri sejahtera” katanya.

Beliau mengungkapkan, untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, LPPM UNA melakukan kegiatan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan kompetitif, pengembangan riset inovatif yang unggul sesuai dengan kebutuhan pengguna, pengembangan rekayasa sosial, pengembangan dan penerapan teknologi hasil penelitian untuk kesejahteraan masyarakat.

“LPPM UNA mengkoordinir kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui pusat-pusat keunggulan penguasaan, pengembangan dan penerapan IPTEK serta pemberdayaan masyarakat”, ungkapnya.

Ia menambahkan, pusat-pusat keunggulan yang dikembangkan yaitu pusat penelitian dalam bidang teknik, ekonomi, hukum dan pendidikan yang penerapan dan pengembangannya berbasis teknologi dan hasil penelitian.

Maka oleh sebab itu, LPPM UNA kedepannya akan tetap melaksanakan Seminar Nasional yang mendatangkan narasumber yang profesional dari kalangan akademisi maupun praktisi guna menambah pengetahuan dan bertukar informasi tentang hasil-hasil penelitian yang relevan yang dapat diterapkan di dunia industri, pertanian, pendidikan khususnya untuk memajukan daerah se-Kabupaten Asahan.

Hasil penelitian dari dosen tetap UNA ini di danai oleh Yayasan UNA keluarannya berupa prosiding ber ISBN. Hasil ini akan dilaporkan setiap tahunnya sebagai laporan kinerja LPPM UNA Kementerian Riset dan Teknologi (Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia) guna meningkatkan klaster UNA ditingkat Regional maupun Nasional.

“Alhamdulillah, saat ini UNA menempati klaster 4 urutan kelima Sumatera Utara”, ujarnya.

Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si diwakili Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si Wakil Rektor I UNA dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan seminar nasional ini merupakan hal yang sangat strategis karena memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dibidang penelitian.

“Kita inginkan kegiatan seminar ini tidak hanya berakhir sampai melahirkan jurnal saja. Tapi kita inginkan adanya hilirisasi yang berkelanjutan hingga penelitian dosen-dosen bisa diterapkan di masyarakat”, ujarnya.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan LPPM UNA yang mencoba mengakomodir semua penelitian dan riset yang dilakukan oleh dosen UNA maupun dosen tamu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan dengan adanya kegiatan seminar seperti ini juga dapat mengembangkan kopetensi dosen. Dimana dosen tidak hanya memiliki pengetahuan semata juga dapat mentransferkan ilmunya.

“Karena pada dasarnya sebuah penelitian dilakukan untuk menjawab berbagai persoalan yang muncul ditengah kehidupan masyarakat”, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd yang diwakili Wakil Sekretaris Yayasan UNA Zaif Afif, SH, M.Hum berharap agar kegiatan seperti ini rutin diadakan setiap tahunnya dan ditingkatkan lagi klaster penelitiannya karena penelitian bagian dari tridharma perguruan tinggi. (Humas UNA).