UNIVERSITAS ASAHAN DAN UNIVERSITAS POTENSI UTAMA JALIN KERJASAMA PENERAPAN DAN PENINGKATAN SDM ANTAR PERGURUAN TINGGI DALAM MENUNJANG TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) menjalin kerjasama penerapan dan peningkatan SDM antar perguruan tinggi dalam menunjang tridharma perguruan tinggi dengan Universitas Potensi Utama (UPU). Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dan Rektor UPU Dr. Rika Rosnelly, S.Kom, M.Kom di kampus setempat Jl. K.L Yos Sudarso Km, 6,5 No. 3-A Tanjung Mulia-Medan, Senin (31/8).

Turut hadir dalam kegiatan ini, dari pihak UNA yaitu Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Wakil Rektor I Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor II Dr. Sri Rahayu, M.Pd dan Ketua LPPM Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum. sedangkan dari UPU Medan yaitu Rektor UPU Dr. Rika Rosnelly, S.Kom, M.Kom, Wakil Rektor I Lili Tanti, M.Kom, Wakil Rektor II Daifiria, M.Kom, Wakil Rektor III Ivy Lazuly, M.Kom, Ketua LPM Evri Ekadiansyah, M.Kom, Ketua LPPM Edy Victor Haryanto, M.Kom dan seluru ketua prodi UPU.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si  mengatakan kerja sama antara UNA dan UPU ini meliputi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua universitas guna mengembangkan kerjasama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu sebagai sarana peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si.

Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mengajak untuk bersama-sama mewujudkan sebuah perguruan tinggi yang maju dan modern yang menjadi salah satu agenda besar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dinamakan merdeka belajar dan kampus merdeka.

“Dan saya berpesan janganlah nota kesepahaman ini berhenti begitu saja setelah saya dan Dr. Rika Rosnelly, S.Kom, M.Kom tanda tangani. Tetapi harus ada implementasi ke depan dan dilakukan sesuai dengan konsep merdeka belajar ataupun kampus merdeka,” ungkapnya.

Beliau berharap dari kerja sama ini akan melahirkan kolaborasi riset antara UNA dan UPU, menulis bersama jurnal yang terindeks, serta pertukaran dosen dan mahasiswa.

Sementara itu, Rektor UPU Dr. Rika Rosnelly, S.Kom, M.Kom menyambut baik kerja sama tersebut. Ia berharap kerjasama tersebut bisa memberikan kebaikan untuk kedua universitas.

“Kami berharap dengan kerjasama ini bisa menjadi jalan bagi UPU untuk bisa berkolaborasi dengan UNA,” harapnya.

Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat fokus dalam pengembangan serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan, serta pengabdian kepada masyarakat. (Humas UNA)