PENINGKATAN SDM BAGI PETUGAS PERPUSTAKAAN, UNA GELAR PELATIHAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

KISARAN-Menghadapi sistem informasi perpustakaan yang mengalami perkembangan yang sangat pesat ditambah masuknya era Rovolusi 4.0, Universitas Asahan (UNA) menggelar pelatihan perpustakaan digital bagi petugas perpustakaan di Puskomnet UNA, kemarin, Senin (24/8).

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Wakil Rektor II Dr. Sri Rahayu, M.Pd, Kepala Biro Umum dan Keuangan Ir. Amiruddin Siagian dan Kabag. Kepegawaian Ardiansyah Lubis.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 24-25 Agustus 2020 dan sebanyak 10 peserta mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

Perpustakaan merupakan salah satu penunjang bagi keberhasilan proses pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat di institusi pendidikan, tidak terkecuali UNA. Oleh karena itu perlu usaha terus-menerus untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan agar mampu memberikan layanan yang berkualitas dan bermutu. Selain dilihat dari kelengkapan koleksi pustaka, kualitas dan mutu perpustakaan juga dilihat dari kompetensi petugas perpustakaan.

Dalam sambutannya Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si berpesan kepada para peserta untuk dapat mengikuti Pelatihan ini dengan serius, dan berharap agar materi yang diberikan selama Pelatihan dapat bermanfaat dalam menjalankan tugas sehari-hari di unit kerja masing-masing.

Tujuan dari pelatihan ini untuk  peningkatan kualitas SDM petugas perpustakaan, Peningkatan pelayanan UPT dan membantu penilaian akreditasi perguruan tinggi dan mendukung sarana dan prasarana kurikulum, menyediakan sumber informasi, minat baca dan belajar mandiri, kreativitas, pengalaman, opini dan pendidikan.

Wakil Rektor II UNA Dr. Sri Rahayu, M.Pd mengatakan Tranformasi perpustakaan di UNA yang merupakan upaya mengembangkan perpustakaan sebagai community learning center yang berbasis teknologi informasi, tentunya juga harus diiringi oleh sumber daya manusia yang berkompeten. oleh karena itu pelatihan ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Menurutnya, dengan adanya digital library,  mahasiswa dipermudah dalam mengakses berbagai macam pengetahuan melalui internet. Apalagi dengan adanya inovasi nanti akan hadirnya e-book yang bisa dibaca melalui perangkat komputer maupun gadget sehingga lebih efisien.

Pelatihan ini diisi oleh narasumber yang berkompeten dibidang kepustakaan, juga diisi dengan materi-materi yang tentunya akan bermanfaat bagi pustakawan dalam melaksanakan tugas sehari-harinya. Materi yang diberikan antara lain katalogisasi, layanan terbitan berkala, dan juga perawatan bahan pustaka.

“Harapannya dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta semakin dapat meningkatkan kinerja untuk bekerja dan berkarya,” harapnya.

Tambahnya semoga setelah mengikuti kegiatan tersebut, petugas perpustakaan UNA menjadi lebih professional lagi, koleksi perpustakaan semakin banyak, siswa yang mengunjungi perpustakaan bertambah dan perpustakaan UNA menjadi lebih maju di masa yang akan datang.
(Humas UNA).