UNA RAIH URUTAN KELIMA KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SUMATERA UTARA

KISARAN-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia Tahun 2020.

Dikutip dari laman www.dikti.go.id, Sabtu (22/8), Universitas Asahan (UNA) berada pada urutan kelima perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara dan masuk klaster empat perguruan tinggi secara nasional.

Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mensyukuri pencapaian ini. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak dalam upaya meningkatkan kualitas input, proses, output dan outcome sebagai indikator penilaian. Hasil ini memberikan tanggungjawab yang besar bagi UNA untuk terus berkomitmen meningkatkan kualitas manajemen, proses pembelajaran, kemahasiswaan, inovasi dan kerjasama serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras bersama untuk meningkatkan mutu akademik dan non akademik yang berimbas pada meningkatnya penilaian dari indikator-indikator yang sama antara PTN dan PTS yang ditetapkan oleh Ditjen Dikti tentang kinerja perguruan tinggi”, imbuhnya.

Klasterisasi ini sebagai bentuk pemetaan atas kinerja sesuai dengan level perkembangannya serta bertujuan untuk menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan pembangunan, pembinaan perguruan tinggi serta untuk mendorong perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan. Selain itu, klasterisasi perguruan tinggi berfungsi untuk menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas kinerja perguruan tinggi di Indonesia.

Penilaian tersebut berdasarkan indikator yang sama termasuk kualitas dosen, riset, inovasi, kerjasama termasuk mutu lulusan. “Tugas penting berikutnya adalah menjalankan dengan baik proses akademik seperti pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan blended learning dan luring dengan tetap memperhatikan capaian pembelajaran dan kompetensi mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan merdeka belajar”, tandasnya.

Bebagai pengembangan program perguruan tinggi dilaksanakan diantaranya dengan memperkuat jalinan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, industri dan institusi akan mendukung kegiatan riset, kegiatan magang dan pengabdian masyarakat termasuk membangun koneksitas untuk mengembangkan kurikulum yang relate dengan kebutuhan praktis dalam masyarakat global.

“Kami akan terus meningkatkan prestasi di masa yang akan datang dengan melahirkan lulusan yang berkualitas, kompeten, kreatif, inovatif, berkepribadian dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja”, tambahnya. (Humas UNA).