IDUL ADHA SAAT PANDEMI, UNA TETAP SEMANGAT GELAR IBADAH QUR’BAN

Idul Adha saat pandemi tak menyurutkan Universitas Asahan (UNA) untuk melaksanakan ibadah qur’ban. UNA melakukan penyembelihan sapi dan kambing qur’ban di halaman Fakultas Teknik UNA, Sabtu (1/8) pagi. Hewan qur’ban ini berasal dari Pengurus Yayasan UNA, Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan UNA.

Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Ketua panitia qur’ban UNA, mengatakan, meskipun saat ini masih dalam masa pendemi Covid-19, namun penyembelihan hewan qur’ban tetap dilaksanakan UNA.

“Idul Adha saat pandemi di tahun 2020 ini memang ada sedikit perbedaan. Para panitia qur’ban menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak saat proses qur’ban berlangsung”, jelasnya.

Proses penyembelihan hewan qur’ban dihadiri Ketua Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Wakil Ketua Yayasan Komis Simanjuntak, SH, Wakil Sekretaris Yayasan Zaid Afif, SH, M,Hum, Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Warek III Ir. Ansoruddin Harahap, M.P, Para Dekan, Dosen, Ka. Biro, KTU dan para tenaga kependidikan di lingkungan UNA.

“Dengan qur’ban kita pupuk terus semangat berbagi dan semangat berqur’ban. Alhamdullilah untuk qur’ban kali ini kita menyembelih 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing, sohibul qur’ban dari Para Pengurus Yayasan UNA, Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, dosen dan tenaga kependidikan UNA,” kata Ibnu Hajar.

Rektor UNA menambahkan, kesadaran berqur’ban setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini dibuktikan semakin tingginya keimanan dan kesalehan kepada Allah SWT terutama memenuhi panggilan qur’ban.

Selain perintah berkurban, UNA juga senantiasa memberikan perhatian bantuan kepada keluarga besar UNA sebagai wujud kepedulian tridharma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

“Melalui makna berkurban ini diharapkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan akan terjalin harmonis bagi civitas akademika UNA di masa mendatang. Begitu pula akan menumbuhkan ketaqwaan kepada sang pencipta”, ungkapnya.

Disebutkannya, yayasan maupun rektorat mendukung kegiatan positif yang berkaitan dengan keagamaan, karena semangat beribadah yang diperlihatkan civitas akademika menunjukkan tingginya keimanan manusia itu sendiri.

Selanjutnya, daging-daging qur’ban ini akan dibagikan kepada para keluarga besar UNA di kampus UNA. Tercatat sebanyak 350 orang akan menerima daging qur’ban ini. (Humas UNA).