UNA GELAR WEBINAR PENDIDIKAN SETELAH MASA PANDEMI

Universitas Asahan menggelar Webinar pendidikan setelah masa pandemi dengan tema “Pendidikan adalah Perubahan Revolusi Industri 4.0 Sustainable Development Goals”.

Kegiatan ini menghadirkan 2 pemateri Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si (Rektor UNA) dan Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si (Wakil Rektor I UNA.

Webinar series berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom, Rabu (24/6).

Webinar tersebut terbuka untuk dosen dan mahasiswa dengan jumlah peserta 72 orang.

Webinar ini diawali sambutan dari Ketua Yayasan UNA, Drs. Mapilindo, M.Pd. Ia mengapresiasi terselenggaranya kegiatan webinar ini karena dalam menjawab tantangan bidang pendidikan disaat menghadapi new normal.

Bagi perguruan tinggi, Revolusi Industri 4.0 diharapkan mampu mewujudkan pendidikan cerdas melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses dan relevansi. Untuk mewujudkan hal tersebut interaksi pembelajaran dilakukan melalui blended learning (melalui kolaborasi), project based-learning (melalui publikasi), flipped classroom (melalui interaksi publik dan interaksi digital).

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan upgrade pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran agar sesuai dengan kondisi di era sekarang serta mampu menyusun skala prioritas pembelajaran mana yang harus dituntaskan terlebih dahulu. Bekal kemampuan berpikir kritis, kemampuan menyelesaikan masalah dan thinking out of the box juga harus dimiliki oleh pendidik terlebih dahulu kemudian dapat disampaikan kepada peserta didik agar dapat beradaptasi di era new normal.

Di tempat yang sama Dekan Fakultas Hukum UNA Dr. Bahmid, M.Kn berharap dari kegiatan webinar tersebut bisa di implementasikan kedalam bentuk program berupa :

  1. Penguatan Pengajaran berbasis e-learning
  2. Penguatan berbasis pembelajaran yang terintegrasi pada semua program studi yang ada, dengan keilmuan yang saling menguatkan.
  3. Pemaduan konsep pembelajaran secara teoritis dan harapan duni kerja.
  4. Keberlangsungan evaluasi dan monitoring pembelajaran, penelitian serta pengabdian.
  5. Pemberdayaan komunikasi belajar/lab/bengkel mahasiswa

Webinar ini dibuka gratis untuk para peserta dan para peserta yang mengikuti webinar ini akan mendapat sertifikat. (HUMAS UNA).