ASAH SKILL DAN KINERJA SATGASKAM, UNA GELAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

KISARAN – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan skill di bidang keamanan, ketertiban, serta pelayanan prima Satuan Pengamanan Kampus (SATGASKAM). UNA menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Satgaskam dengan tema “Meningkatkan kinerja dibidang keamanan, ketertiban dilingkungan tempat bekerja” di Aula LPM UNA Jl. Jend. A. Yani Kisaran, Kamis (11/6).

Diklat ini diikuti sebanyak 19 personil keamanan kampus dan berlangsung selama 7 hari kedepan mulai tanggal 11 s/d 18 Juni 2020. Acara tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd, Kepala Biro Administrasi dan Keuangan Ir. Amiruddin Siagian dan Kepala Bagian SDM Ir. Alkhuly serta 2 Narasumber yaitu Joni Simatupang dan Julianto Lubis dari PT. Arenda Nuansa Berlian Medan.

Pelatihan ini dibuka Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd. Beliau mengungkapkan bahwa tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan disiplin Satgaskam UNA untuk menunjang tugas pokok dan fungsinya. “Dengan pelatihan ini diharapkan Satgaskam akan memiliki loyalitas, sikap, prilaku, kedisiplinan dan bekerja dengan baik”, ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa peran Satpam di perguruan tinggi sangatlah penting, disamping untuk menjaga barang milik kampus, satpam juga menjaga mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Satpam harus mampu menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap seluruh civitas akademika dan warga yang berada di lingkungan kampus.

Dengan besarnya tugas dan fungsi tersebut tentu dibutuhkan Satpam yang profesional yang bisa menjalankan tugas dan fungsi secara tepat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Untuk mencapai hal tersebut, maka perlu kiranya seluruh Satpam yang ada di UNA untuk dilatih kembali dalam rangka meningkatkan pengetahuannya dalam hal sikap dan mental guna memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan UNA.

Ia juga menambahkan “Selama 7 hari mereka akan dibekali dengan berbagai keterampilan, dari beladiri, borgol, tongkat, fisik, etika profesional, dan berbagai bidang menyeluruh terkait dengan keterampilan maupun wawasan seputar kampus,” tandasnya.

Sementara itu Bakhtiar Samosir selaku komandan Satgaskam  mengatakan, kegiatan ini akan diagendakan rutin tiap bulannya dengan tujuan sebagai penyegaran serta pelatihan yang berkelanjutan untuk seluruh anggota Satgaskam dengan tujuan dapat memberikan pelayanan dan mengasah ketrampilan anggotanya. (HUMAS UNA).