MAHASISWA-DOSEN UNIVERSITAS ASAHAN PAKAI VIDEO CONFERENCE GRATIS MELALUI CLOUDX MEETING DARI TELKOMSEL

KISARAN-Ditengah-tengah pandemi Virus Corona (Covid-19) yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, Universitas Asahan (UNA) terus melakukan berbagai terobosan untuk memperlancar kegiatan perkuliahan, dan konsultasi para mahasiswanya kepada para dosen pengampu.

Adapun terobosan terbaru yang dilakukan Universitas Asahan yakni, para mahasiswa dan dosennya sudah bisa melaksanakan video conference secara gratis, tanpa pemakaian kuota lewat pelayanan CloudX Telkomsel.

“Saat ini, aplikasi gratis memang banyak, tetapi menyedot kouta yang cukup besar. Oleh sebab itu, mahasiswa mengeluhkan besaran data yang tersedot akibat kuliah daring yang menggunakan aplikasi praktis, seperti zoom, skypee, dan sejenisnya. Melihat gejala itu, kami Universitas Asahan bekerja sama dengan Telkomsel menginisiasi progam Rp10 dapat 30gb membuka kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengakses kegiatan video conference atau aplikasi cloudx,”kata Rektor Universitas Asahan, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si.

“Esensinya, perkuliahan daring tidak akan mengurangi kualitas pembelajaran meskipun dilaksanakan dari jarak jauh,” kata Wakil Rektor I, Dr. Tri Harsono, M.Si.

Karena tujuannya untuk mempermudah dan menghemat pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19, program CloudX hanya digunakan untuk video conference, tidak untuk browsing atau menggunakan jejaring sosial.

“Dosen bisa menampikan bahan kuliah dan instruksi perkuliahan. Fitur ini juga menyediakan program merekam proses perkuliahan bagi mahasiswa yang terlambat masuk kelas,”jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas Asahan Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd mengatakan, saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan layanan CloudX Telkomsel. Dimana dalam aplikasi CloudX Telkomsel ini, sudah memiliki fitur yang sama dengan zoom. Lewat aplikasi ini, kegiatan perkuliahan bisa dilakukan maksimal 100 mahasiswa tanpa batasan limit waktu.

“Bagi bapak ibu dosen Universitas Asahan, yang ingin menyelenggarakan kuliah online lewat web conference ini, bisa menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel. Dalam aplikasi ini, para dosen bisa menikmati gratis 60 Gb bagi host dan 30 Gb bagi mahasiswa,” kata Sri Rahayu, Kamis (16/4/2020).

Di mana Universitas Asahan memberlakukan proses pembelajaran daring bagi mahasiswa nelalui tagar #dirumahsaja bagi dosen dan mahasiswa, yang bekerjasama dengan Telkomsel dengan memanfaatkan aplikasi CloudX.

Di samping itu, imbauan terus diberikan agar tetap menjaga diri dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Selama libur perkuliahan di kelas dalam keadaan pandemi Covid-19 ini, kuliah dilakukan secara daring. Selain itu, proses konsultasi penyusunan proposal, dan skripsi juga bisa berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa yang mengambil mata kuliah metodologi penelitian, mereka dapat konsultasi dengan dosen masing-masing. Baik materi proposal, maupun materi skripsi secara group.

“Selain itu, mahasiswa juga bisa berkonsultasi individu untuk merancang proposal skripsi. Proses presentasi yang disaksikan seluruh mahasiswa Universitas Asahan ini, dengan metode live broadcast di aplikasi CloudX. Jadi melalui live broadcast ini, sesama mahasiswa bisa saling memberikan kontribusi, terkait presentasi untuk didiskusikan melalui kolom chat,” ujar Sri Rahayu.

“Sekarang kami, akan terus mengawasi dan mengontrol perkuliahan daring selama masa pandemi ini. Selain itu, kami juga terus memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami mahasiswa, melalui kebijakan video conference gratis ini. Bagi yang ingin mendaftar di Universitas Asahan, bisa hubungi lewat pendaftaran online di spmb.una.ac.id,” jelas Sri Rahayu.