DOSEN DPL DAN MAHASISWA KKN UNA SOSIALISASI ADAPTASI BUDIDAYA PISANG BARANGAN DI DESA RAHUNING

KISARAN-Dosen Fakultas Pertanian Universitas Asahan (FP UNA) Rita Mawarni CH. SP. MP dan Deddy Wahyudin, SP. M.Si. bersama Mahasiswa KKN UNA Kec. Rahuning melakukan kegiatan sosialisasi pertanian di Desa Rahuning Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan pada Jumat, (28/2).

Kegiatan itu bertajuk Sosialisasi Adaptasi Budidaya Pisang Barangan. Dihadiri Camat Rahuning Syahputra, S.E., M.M., Kepala Desa Rahuning Induk Mahyunan Panjaitan, SE, dan Kepala Dusun Se Desa Rahuning Induk serta masyarakat setempat.

Sosialisasi sekaligus pemberian Bibit Pisang Barangan yang merupakan hasil kultur jaringan Fakultas Pertanian Universitas Asahan (FP UNA) ini diharapkan dapat menambah komoditas pertanian bila berhasil diadaptasi.

“Semoga pisang barangan hasil kultur jaringan dari dosen FP UNA berhasil diadaptasi di Rahuning dan memperoleh hasil seperti yang diharapkan”, kata Kades Rahuning Induk Mahyunan Panjaitan. SE.

Senada dengan Kades Rahuning, Camat Rahuning Syahputra S.E., M.M. juga berharap Bibit Pisang Barangan tersebut dapat memberi manfaat secara ekonomi bagi warga dan manfaat lingkungan di Desa Rahuning. Ia juga terbuka bila desa yang memiliki komoditas utama umbi-umbian ini dijadikan desa percotohan adaptasi tanaman kultur jaringan.

“Semoga bibit yang ditanam dapat memberi manfaat lingkungan dan ekonomis bagi warga Rahuning secara khusus dan Asahan secara luas. Bila berhasil, bisa saja jadi desa percontohan¬†“, terang Camat Rahuning Syahputra.

Lebih lanjut ketika ditanyai terkait kegiatan Sosialisasi dan Pemberian Bibit Pisang Barangan oleh Mahasiswa KKN UNA, Ketua Kuliah Kerja Nyata Tematik dan Terpadu (KKN TT) UNA 2020 Ir. Ansoruddin Harahap, M.P yang juga dikenal sebagai ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) ini mengucapkan terima kasih serta berharap agar adaptasi tanaman tersebut berhasil sehingga dapat memperoleh manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Dekan FP UNA, Safruddin SP. M.MA menegaskan bahwa apa yang dilakukan oleh dosen FP UNA ini merupakan bagian program kerja fakultas untuk pengabdian kemasyarakatan dimana hasil kultur jaringan dari penelitian dosen dan mahasiswa di pertanian dapat memberi manfaat pada masyarakat di desa terkhusus di Asahan yaitu salah satunya Desa Rahuning, jika adaptasi ini berhasil maka diharapkan desa Rahuning menjadi desa percontohan untuk budidaya pisang barangan ini. (HUMAS UNA).