UNA DENGAN UMSU TANDATANGANI MOU DAN MOA

Universitas Asahan (UNA) sepakat menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, riset, penelitian dan pengabdian serta pendidikan.

Penandatangan nota kesepahaman kerjasama (MoU) dilakukan Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dengan Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP di Kampus UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Kamis (27/2).

Usai melakukan penandatangan MoU dan MoA bertukar cindera mata, Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dalam sambutannya menyampaikan MoU dan MoA ini bertujuan sebagai pendukung kerjasama antar perguruan tinggi dalam rangka penjaminan mutu pendidikan dan bersama menuju standarisasi pendidikan pada tingkat nasional.

Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya suatu kerjasama antar institusi pendidikan baik di tingkat nasional atau internasional. Termasuk didalamnya, Kerjasama dalam implementasi Tridarma perguruan Tinggi,  pertukaran dosen dan mahasiswa,  kerja sama degan mitra-mitra dari  universitas luar negeri, implementasi pengelolaan SDM, sarana prasarana, tata kelola, kurikulum, support narasumber yang bisa dibagi antar perguruan tinggi swasta, sehingga akan menjadi keuntungan tersendiri khususnya dalam rangka peningkatan akreditasi dan memenuhi standar BAN PT.

“Sebuah harapan besar, semoga kerjasama ini tidak berhenti diatas kertas saja, namun kelak dapat menjadi landasan bagi penyelenggaraan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan. Pertukaran tim pengajar, penelitian, sosialisasi, promosi hasil hasil penelitian, jurnal akreditasi dan kegiatan positif lainnya yang mendukung terbentuknya kultur academik yang positif, bernilai dan membawa kontribusi terbaik bagi masa depan masing-masing perguruan tinggi. Pendidikan idealnya dilihat sebagai bagian penting dari strategi perjuangan mewujudkan cita-cita kemanusiaan, kebangsaan dan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu pendidikan tinggi haruslah maksimal dan optimal. Marilah kita maksimalkan semua sumberdaya yang kita miliki untuk mengarah pada tercapainya tujuan mulia tersebut.” Papar Rektor UNA.

Tambahnya, penandatanganan naskah kerjasama ini diharapkan menjadi pondasi yang kokoh untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemaslahatan bersama.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara UNA dengan UMSU yang di ikuti dengan penandatanganan MoA antara Fakultas Ekonomi UNA & Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU, Fakultas Hukum UNA dan Fakultas Hukum UMSU. Fakultas Pertanian UNA dan Fakultas Pertanian UMSU, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNA dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSU.

Selanjutnya Fakultas Teknik UNA dan Fakultas Teknik UMSU, Lembaga Penjamin Mutu UNA dan Badan Penjamin Mutu UMSU, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNA dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMSU.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si,  Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, MP, Ketua LPM Abdul Rahman, M.Pd, M.Si, Ketua LPPM Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum, Dekan Teknik Ir. Amir Hamzah, MT, Dekan Pertanian Safruddin, SP, MP, Dekan Ekonomi Bati, SE, M.Si, Dekan FKIP Dr. Ely Ezir, MS, Dekan Fakultas Hukum Dr. Bahmid, M.Kn, Wakil Dekan Bidang Akademik Suriani, SH, MH, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan Junindra Martua, SH, M.Si, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Rahmat, SH, MH, Ketua Prodi Irda Pratiwi, SH, M.Kn, serta Ka. Biro Akademik dan Kemahasiswaan Agus Salim, SE.

(HUMAS UNA).