SERAH TERIMA IZIN PEMBUKAAN PROGRAM STUDI HUKUM PROGRAM MAGISTER (S2) UNA

KISARAN- Ketua Pengurus Yayasan Universitas Asahan (UNA) Drs. Mapilindo, M.Pd bersama Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si beserta rombongan mendatangi Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara untuk menerima penyerahan Surat Keputusan tentang izin pembukaan program studi hukum program magister (S2) di Universitas Asahan.

Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Izin Pembukaan program studi hukum program magister (S2) pada UNA tersebut diserahkan langsung Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut Prof. Dr. Dian Armanto, MPd MA, M.Sc, Ph.D kepada Ketua Pengurus Yayasan Universitas Asahan (UNA) Drs. Mapilindo, M.Pd didampingi Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si di Kantor LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Jl. Sempurna Tanjung Sari Medan, Kamis (27/2).

Dengan demikian, satu-satunya Prodi Hukum Program Magister yang ada di wilayah tersebut hanya Universitas Asahan Kabupaten Asahan.

Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mengatakan Izin operasional itu tertuang dalam SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 195/M/2020, tanggal 31 Januari 2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Hukum Program Magister pada Universitas Asahan dan keluarnya izin ini merupakan anugerah bagi UNA yang telah bekerja keras demi mewujudkan lahirnya program magister..

Rektor UNA mengungkapkan, dengan pemberitan izin operasional itu berarti menambah program yang sudah ada. “Selama ini UNA telah memiliki 11 program studi terdiri dari program sarjana (S1) dan magister (S2)”, ungkapnya.

Sementara Ketua Pengurus Yayasan Universitas Asahan (UNA) Drs. Mapilindo, M.Pd mengucapkan syukur atas keluarnya izin pembukaan program studi baru sehingga UNA semakin berkembang dalam menghadapi ketatnya persaingan antar Perguruan Tinggi Swasta (PTS). “Saya berharap UNA akan menjadi PTS yang terbaik di Sumatera Utara. Dan untuk itu, Pihak yayasan siap memberikan dukungan dan semua yang dibutuhkan kampus,” jelasnya.

Drs. Mapilindo, M.Pd menambahkan bahwa keluarnya izin Pembukaan Program Studi Hukum Program Magister ini merupakan sebuah amanah dari pemerintah juga amanah dari masyarakat. Selain itu program studi ini tidak semata – mata bentuk pengembangan universitas tetapi juga menjadi media untuk berkontribusi bagi masyarakat Indonesia melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya Yayasan UNA akan bekerja bersama seluruh stakeholder untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan daya saing pendidikan bangsa.

Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut Prof. Dr. Dian Armanto, MPd MA, M.Sc, Ph.D mengucapkan selamat dan berharap UNA terus menjaga dan meningkatkan kualitasnya. Beliau juga berharap dibukanya program magister ini, UNA bisa berorientasi pada penelitian dan jurnal ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat, ujarnya.

Prof. Dian Armanto menyampaikan, setelah diterimanya SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tersebut maka UNA telah boleh menerima mahasiswa baru.

Ini menjadi tantangan UNA untuk terus meningkatkan mutu dan relevansi di dunia kerja agar para alumninya dapat diserap di dunia kerja. Menjalin Kerja sama dengan Kemeterian Hukum dan HAM RI ini menjadi contoh yang baik untuk relevansi penyerapan alumni.

Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada UNA dan semoga menjadi berkah bagi seluruh civitas akademik di UNA.

Turut hadir dalam penyerahan SK tersebut Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si,  Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Sri Rahayu, S.Pd, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, MP, Ketua LPPM Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum, Dekan Fakultas Hukum Dr. Bahmid, M.Kn, Wakil Dekan Bidang Akademik Suriani, SH, MH, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan Junindra Martua, SH, M.Si, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Rahmat, SH, MH, Ketua Prodi Irda Pratiwi, SH, M.Kn serta Dosen UNA Dr. Emmi Rahmiwita, M.Hum.

Diakhir acara dilakukan sesi foto bersama.