SMK NEGERI 2 KISARAN MENGUNJUNGI UNA, BELAJAR MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN MENAMBAH WAWASAN PERIKANAN

KISARAN–Fakultas Pertanian Program Studi Budidaya Perikanan dan Kelautan Universitas Asahan (UNA) menerima kunjungan dari siswa-siswi SMK, kali ini kunjungan dari SMK Negeri 2 Kisaran jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT), Selasa (19/2).

Kunjungan kali ini merupakan salah satu metode pembelajaran langsung untuk mengenal lebih jauh tentang dunia perikanan, utamanya cara membudidayakan ikan dan bagaimana efektif menangani penyakit pada ikan. Kegiatan yang digagas oleh program oleh prodi budidaya perikanan dan kelautan UNA bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi para pelajar karena dapat melihat dan belajar langsung melalui objek hewan maupun tumbuhan akuatik yang dibudidayakan dan bernilai ekonomi penting.

Dalam sambutannya dihadapan 50 orang siswa kelas XI jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar SMK Negeri 2 Kisaran, Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mengatakan bahwa program ini merupakan program interaktif dan inovatif dalam pembelajaran tematik perikanan untuk level pendidikan sekolah menengah yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya materi kelas, kunjungan ke Laboratorium dan ke kolam-kolam pengembangan Perikanan.

Pada kegiatan materi kelas, siswa disajikan materi tentang prospek budidaya perikanan dan manajemen kesehatan ikan, Juliawati Batubara, S.Pi, M.Si dan Asprin Tamba, S.Pi, M.Si memberikan motivasi kepada siswa-siswa SMK agar lebih mencintai dan bangga dengan profesinya sebagai calon pembudidaya ikan, karena dengan kemajuan teknologi budidaya perikanan, maka ikan putak, gabus, jurung yang sudah hampir punah, sekarang ini sudah bisa dibudidayakan. Jadi anda harus Bangga menjadi siswa jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) di SMK Negeri 2 Kisaran, pungkasnya.

Sementara itu Firmalena Gusyanti, S.Pi selaku guru pendamping SMK Negeri 2 Kisaran mengucapkan terima kasih dengan diterimanya mereka berkunjung di UNA khususnya di Fakultas Budidaya Perairan dan Keluatan.

“Terimakasih atas sambutan yang sangat luar biasa untuk kedatangan kami ke UNA khususnya di Fakultas Budidaya Perairan dan Keluatan,  semua ini   sangat berkesan untuk kami,” ujar Firmalena Gusyanti.

“Setelah kunjungan ini kami  akan menindaklanjuti dengan  membuat  kerja sama dengan pihak UNA, sehingga siswa kami dapat melakukan kerja praktik di sini,” ulas Firmalena Gusyanti.

Turut hadir pada kegiatam tersebut, Rektor UNA, Dekan Pertanian, Kepala SMK Negeri 2 Kisaran, Guru Pendamping dan Dosen dan Kepala Lab. Perikanan UNA dan dilanjutkan foto bersama dan pemberian cenderamata. (HUMAS UNA).