UNA JALIN KERJASAMA DENGAN DUA UNIVERSITAS LUAR NEGERI

           Kisaran- Universitas Asahan (UNA) terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Kerjasama dengan perguruan tinggi diluar negeri maupun didalam negeri menjadi strategi yang ditawarkan. Sejalan dengan perkembangan dan prestasi yang diperoleh oleh civitas akademika, Universitas Asahan bekerjasama dengan dua Perguruan Tinggi di Luar Negeri yakni Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universitas Putra Malaysia (UPM).  Kedatangan Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dan Sekretaris Yayasan Universitas Asahan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si beserta rombongan diterima langsung oleh Rektor UKM Ir. Dr. Mohd. Hamdi bin Abdul Shukor di kampus Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Kuala Lumpur, Selasa (15/10).

                Kerjasama tersebut ditandai  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) berlangsung di kampus UKM dihadiri  Rektor UKM Ir. Dr. Mohd. Hamdi bin Abdul Shukor, sedangkan MoU dengan Universitas Putra Malaysia (UPM) dilaksanakan di kampus Universitas UPM dengan dihadiri Prof. Datin Paduka Dato’ Dr. Aini IderisFASc, DSIS, PSK, KMN. Penandatanganan MoU disaksikan  Sekretaris Yayasan Universitas Asahan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Ketua Lembaga Pemjamin Mutu (LPM) Universitas Asahan Abdul Rahman, M.Pd, M.Si dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Asahan Ir. Syafruddin, M.MA.

          Ada pun ruang lingkup kerjasama tersebut meliputi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan riset. Nota kesepahaman yang ditandatangani bersama ini mencakup kerjasama pada bidang Pengajaran, pertanian, Penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen serta melakukan riset bersama agar adanya transfer teknologi.

              Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mengungkapkan, dalam menghadapi persaingan global dan Era Industri 4.0 yang semakin kompleks, instituti pendidikan dituntut untuk mampu berperan aktif, inovatif, dan inspiratif sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing unggul. Upaya yang bisa dilakukan oleh institusi pendidikan terutama perguruan tinggi adalah dengan menjalin kerjasama internasional dengan perguruan tinggi lain diberbagai negara. “Tujuan utama dari kerjasama ini untuk membangun sinergi dan kolaborasi ilmiah baik dibidang pendidikan, penelitian, riset dan pengabdian masyarakat”, ungkapnya.

                  Secara khusus, kerjasama ini difokuskan pada program dan kegiatan-kegiatan seperti konferensi, seminar, workshop bersama, riset bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, publikasi ilmiah. Kami berharap, kerjasama ini memberikan kontribusi khususnya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

                 Oleh karena itu, setiap perguruan tinggi harus melibatkan diri pada kegiatan-kegiatan tingkat internasional seperti publikasi jurnal internasional, keterlibatan dosen pada seminar internasional, pembelajaran jarak jauh, penggunaan bahasa asing dalam pembelajaran dan lain sebagainya. Dengan demikian,  keberadaan perguruan tinggi diakui secara internasinal. (HUMAS UNA).