UNA KERJASAMA DENGAN DUA UNIVERSITAS BALI

           KISARAN — Universitas Asahan (UNA) terus mengembangkan jalinan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi di dalam negeri. Kali ini, kerjasama dilakukan dengan dua universitas di Bali yakni Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dan Universitas Warmadewa.

             Kerjasama tersebut ditandai  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berlangsung di kampus Undiksha  dihadiri  Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd, sedangkan MoU dengan Universitas Warmadewa dilaksanakan di kampus Marwadewa dengan dihadiri Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.Sp. ParK. Penandatanganan MoU disaksikan  Kepala LLDIKTI Wilayah I Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, PhD dan Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si.

         Ada pun ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi guna meningkatkan pelayanan pemerintahan, pengembangan pendidikan, pembangunan sosial, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

             Dalam kesempatan itu, Rektor UNA Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si disaat acara penandatanganan MoU mengatakan, untuk membangun kepercayaan berlandaskan karakter (akhlak) dapat dilihat dari perkembangan perguruan tinggi tersebut dalam mencapai visi dan misinya menjadi suatu kerja nyata. “Kebersamaan pandangan di antara civitas akademika akan semakin menguatkan sumber daya manusianya  maju berkembang pada dunia pendidikan. Hal ini seiiring hakekat Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu kewajiban Perguruan Tinggi  menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”, ujar rektor.

             Salah satu tujuan kerjasama Universitas Asahan dengan Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Warmadewa ini yakni melahirkan SDM  memiliki semangat juang tinggi, pemikiran-pemikiran  kritis, kreatif mandiri, dan inovatif. Selain itu, melalui nota kesepahaman juga disepakati beberapa kerjasama dalam rangka merespon perubahan global yang sangat dinamis, mengembangkan pusat-pusat pengembangan masyarakat dengan memanfaatkan sumberdaya dan nilai-nilai lokal yang ada, membantu pengembangan kebijakan strategis terhadap legislatif dan eksekutif serta mengontrol implementasi kebijakan-kebijakan tersebut.

               Sementara bidang pendidikan dan pelatihan, pertukaran informasi, publikasi dan hasil-hasil penelitian serta tenaga ahli, pertemuaan ilmiah (seminar, workshop, konferensi) baik nasional maupun internasional.

             Lebih lanjut dikatakan Rektor UNA, melalui nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerjasama Universitas Asahan dengan Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Warmadewa akan terus berkembang pesat dalam konteks peningkatan mutu SDM, untuk alih teknologi dan manajemen berbasis Teknologi Informasi.

          “Ini  langkah awal yang baik dan harus segera diwujudkan secara konkrit, karena persoalan PTS sangat banyak dan beragam, kita harapkan pertemuan seperti ini agar rutin dilakukan untuk membahas permasalahan  dihadapi PTS masing-masing, seperti pembahasan angka rasio dosen, hibah penelitian, kelebihan dosen, sumber daya dan infrastruktur”, tegas Rektor UNA. (HUMAS UNA).