MAHASISWA UNA KUNJUNGI PROYEK BENDUNGAN SEI SILAU

          KISARAN – Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Asahan (UNA), melakukan kunjungan lapangan ke proyek pembangunan bendungan Sei Silau di Desa Buntu Kabupaten Asahan. Hal ini bertujuan untuk lebih mengetahui proses proyek pembuatan bendungan yang dilaksanakan oleh PT. WIKA. Kegiatan yang berlangsung di Desa Buntu Pane, Kabupaten Asahan, melibatkan 50 mahasiswa, dua dosen pembimbing dan 2 dosen pendamping memberikan materi seputar pembangunan bendungan.

               Keberangkatan mahasiswa mendapat arahan langsung dari Rektor UNA Prof. Ibnu Hajar, M.Si, “Teruslah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan menjalin kerja sama dengan pihak perusahan baik Negeri maupun Swasta, agar mendukung prestasi teknik sipil di era revolusi 4.0 yang nantinya menjadikan UNA UNGGUL“, ujar Rektor UNA.

      “Selain untuk dapat menggali pengetahuan adik-adik mahasiswa seluas-luasnya pada perencanaan pembangunan bendungan ini, baik itu struktur konstruksinya, bangunan airnya, jalannya, aspek geologinya, aspek hidrologinya dan sebagainya.” Ujar Jamal Staf Tekniks Lapangan. Hal tersebut merupakan salah satu upaya mengatasi permasalahan seputar pasokan air dan sumber daya air wilayah kabupaten asahan, suatu proyek Strategis Nasional pembangunan bendungan Sei Silau.

              Sementara itu, Alexander Tuahta Sihombing, ST, MT Ketua Program Studi Teknik Sipil mengharapkan di masa yang akan datang akan banyak lulusan Teknik Sipil dari UNA berkontribusi positif pada pembangunan bendungan Sei Silau ini sebagai aplikasi dari ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Lanjutnya, ia bersyukur karena Kuliah Lapangan ini dapat berlangsung dengan lancar dan menyisakan kesan yang baik. Menurutnya kegiatan ini menjadi bukti kerja sama antara PT. WIKA dan Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNA yang terus terjalin. “Selain Kuliah Lapangan, terdapat pula ragam kerja sama lain yang sudah berlansung antara kedua pihak seperti Kerja Praktik, Studi Komparatif, Tugas Akhir hingga Penelitian Dosen,” ujar Alexender.

 

               Rizaldi Manajer Operasional yang dijumpai saat kunjungan, menyambut baik kegiatan Kuliah Lapangan ini. Menurutnya, Kuliah Lapangan ini merupakan kegiatan pedana PT. WIKA bersama Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNA. “Kami sangat senang bisa berkontribusi dan juga berharap ke depannya, kerja sama seperti ini bisa terus terjaga dan berguna demi mendidik putra-putri daerah. Kami sebagai perusahaan di sini sangat berharap untuk dapat berkontribusi dalam memajukan generasi penerus dalam bidang kontruksi,” ujarnya. (HUMAS UNA).