UKM AGROLIFE SCIENCE UNA KENALKAN HIDROPONIK KE PELAJAR

      Kisaran-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Asahan (UNA) melalui Agrolife Science Fakultas Pertanian, memberikan pembekalan dan program rutin pertanian kepada pelajar di Kabupaten Asahan. Kali ini sekolah yang mendapatkan kunjungan adalah SMA Negeri 4 Kisaran.

       Kepala SMA Negeri 4 Kisaran Esmi Pohan, S.Pd, M.Pd mengatakan, tujuan dari pelatihan ini membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun masa depan.

     “Juga mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, dalam hal ini budidaya sayuran hidroponik yang sehat dan bebas peptisida”, ujar Esmi Pohan.

           Ketua Agolife Science UNA Iqbal Huda Simbolon mengungkapkan kegiatan ini merupakan program kerja yang dirumuskan anggota. Bukan hanya SMAN 4 Kisaran, kegiatan serupa, kata Iqbal juga akan menyasar SMA lain di Kabupaten Asahan.

          “Kegiatan ini bukan hanya untuk SMAN 4 Kisaran saja. Tapi kedepannya seluruh Sekolah Menengah Atas yang ada di Asahan akan kita ajak belajar mengenai hidroponik ini“, kata Iqbal.

             Menanggapi kegiatan tersebut, Guru Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 4 Kisaran Vera mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa UNA. Vera mengatakan Siswa SMA Negeri 4 Kisaran bukan hanya tahu media tanam lain selain tanah, tapi juga paham metode tanam menggunakan Hidroponik.

          “Saya sangat berterima kasih kepada UNA yang mau memberikan ilmu kepada Siswa Siswi SMA Negeri 4 Kisaran. Sehingga siswa siswa dapat mengetahui bahwa menanam tidak hanya dengan media tanah saja. Namun dengan media air juga bisa“, kata Vera saat acara itu terlaksana pada tanggal 8 Oktober 2019 kemarin.

       Lebih lanjut, Lira, pelajar SMA Negeri 4 Kisaran yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut merasa bersyukur atas Ilmu Hidroponik yang diberikan Mahasiswa UNA. Lira berharap ilmu tanam di media air tersebut dapat segera diterapkan di lahan sempit di sekitar rumahnya. (HUMAS UNA)