FKIP UNA Sukses Adakan Olimpiade Se-Sumatera Pantai Timur View Larger Image

KISARAN, fkip.una.ac.id – Setelah sukses melaksanakan kegiatan olimpiade Matematika tingkat SMA di tahun 2017, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Asahan kembali melaksanakan kegiatan olimpiade di tahun 2018 Se-Sumatera Utara Pantai Timur. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini FKIP mengundang 3 jenjang pendidikan yaitu SD, SMP dan SMA bidang Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 16-18 Januari 2018 bertempat di aula FKIP UNA dengan Tema “Menggali Potensi Matematika dan Bahasa Siswa Melalui Kompetisi”. Acara kegiatan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Asahan, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si. Turut hadir juga dalam acara ini yaitu Wakil Rektor , dan para Dekan Universitas Asahan.

Pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu : pertama, babak penyisihan soal Pilihan Ganda (PG) dengan jumlah soal 40 matematika dan 50 bahasa. Kedua, babak semifinal 2 soal Essay dan ketiga, babak Final soal Essay dan Presentasi.

Hari pertama kegiatan olimpiade di mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD). Jumlah peserta seluruhnya 232 orang perwakilan dari 32 sekolah, peserta Olimpiade Matematika berjumlah 86 orang, Bahasa Indonesia berjumlah 84 orang dan Bahasa Inggris berjumlah 62 orang.

Hari kedua kegiatan olimpiade tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jumlah peserta seluruhnya 246 orang perwakilan dari 32 sekolah. Peserta Olimpiade Matematika berjumlah 81 orang, Bahasa Indonesia berjumlah 75 orang dan Bahasa Inggris berjumlah 90 orang.

Hari terakhir kegiatan olimpiade tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Jumlah peserta seluruhnya 164 orang perwakilan dari 21 sekolah. Peserta Olimpiade Matematika berjumlah 44 orang, Bahasa Indonesia berjumlah 59 orang dan Bahasa Inggris berjumlah 61 orang.

Selamat dan Sukses buat para pemenang Olimpiade untuk semua tingkatan dan semua Prodi. Terkhusus buat Antonius Alfari dari sekolah SMA N 2 Tanjung Balai yang menjadi juara bertahan di ajang Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang di tahun sebelumnya (2017) juga menjadi The first winner. Pemenang mendapatkan piala, sertifikat dan Uang Pembinaan.

Terima Kasih atas Kerja Sama dan partisipasinya sampai jumpa di tahun berikutnya. Kegiatan Olimpiade ini juga menjadi agenda tahunan FKIP Universitas Asahan.