Prodi Budidaya Perairan UNA Gelar Kuliah Umum dan MoU dengan PT Central Proteina Prima

KISARAN – Program Studi Budidaya Perairan Universitas Asahan (Prodi BDP UNA) Fakultas Pertanian, menggelar kuliah tamu dengan mengusung tema “Prospek Lulusan Budidaya Perairan di Dunia kerja dan Penjajakan Kerjasama”, pada Jumat (16/12/2022) di Aula Fakultas Pertanian UNA.

Tak hanya kuliah tamu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) antara Fakultas Pertanian UNA dengan PT. CENTRAL PROTEINA PRIMA Tbk.

Dengan menghadirkan para narasumber yang berasal dari PT. Central Proteina Prima Tbk yaitu Buhar Hutabarat S.Pi dan Chiko Genta Etsoni.  

Turut hadir dalam kegiatan itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Dekan Fakultas Pertanian Safruddin, S.P., M.MA, Ketua Prodi BDP Juliwati Putri Batubara, S.Pi., M.Si, Sekretaris Prodi BDP Nova Eliza Silaen, S.Pd., M.Pd, Guru dan Siswa SMK Negeri 1 Tanjungbalai, SMK Negeri 2 Kisaran, SMK Negeri 1 Talawi, para Dosen dan Mahasiswa BDP.

Dekan Fakultas Pertanian UNA Safruddin, S.P., M.MA mengatakan terimakasih kepada Narasumber yang telah bersedia datang untuk membagikan ilmunya.

Beliau berpesan pada dosen dan mahasiswa BDP agar mencermati dan mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, karena ilmu yang diperoleh akan bermanfaat untuk meningkatkan mutu dan akreditasi Prodi.

Ia juga menambahkan, kerjasama MoU antara Fakultas dan PT. Central Proteina Prima Tbk ini bertujuan untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Adanya kerjasama ini dimaksudkan agar mahasiswa prodi BDP dalam melakukan praktek kerja lapangan, magang, hingga penelitian di lapangan”, ungkapnya.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dalam sambutannya mengatakan, mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut, menurutnya kuliah umum dapat menjadi salah satu alternatif dalam memperluas wawasan keilmuan.

“Ini sangat luar biasa, saya ucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah hadir dan memberikan materi sebagai tambahan wawasan, sebab dalam membangun wawasan keilmuan tidak cukup dari internal, tapi juga butuh tambahan wawasan dari luar” terangnya.

Lanjutnya, beliau sepenuhnya mendukung setiap kegiatan baik itu berupa kerjasama dibidang riset, pendidikan maupun magang. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik agar semakin terciptanya perancangan MoU antara kedua belah pihak. 

Ia pun berharap, dengan kegiatan ini mahasiswa mampu berinovasi dalam menciptakan suatu produk dan memanajemen mulai dari pakan, pengembangan benih dan teknologi sesuai dengan kebutuhan era saat ini.

“Semoga kuliah umum ini membuka wawasan, kreativitas dan skill yang mumpuni bagi mahasiswa”, harapnya.

Kemudian, Ketua Prodi BDP UNA Juliwati Putri Batubara, S.Pi., M.Si menjelaskan, kegiatan ini memiliki peran besar dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam mempersiapkan dan menghasilkan lulusan yang adaptif dan kompeten sesuai perkembangan dunia usaha budidaya perikanan terkini. Hal ini, dengan menghadirkan praktisi yang memiliki kepakaran di bidangnya sehingga sivitas akademika memperoleh wawasan tambahan.

Ia juga berharap “Semoga kegiatan ini memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan skill dan ilmu pengetahuan bagi dosen dan mahasiswa khususnya prodi BDP”, tutupnya.

Bagikan ke media sosial Anda!