Pertama Kali Magister Hukum UNA Gelar Sidang Tesis

KISARAN – Fakultas Hukum Universitas Asahan (FH UNA) pertama kalinya menggelar sidang tesis magister hukum bagi 9  mahasiswa semester akhir yang dilaksanakan secara bergelombang, pada Kamis (15/12/2022) di Ruangan Pengadilan Semu-Kampus setempat.

Seperti diketahui bahwa Tesis merupakan sebuah Karya Tulis Ilmiah yang juga menggambarkan tingkat kemampuan Mahasiswa Magister Hukum UNA dalam menguasai disiplin ilmu yang ditekuni, khususnya Ilmu Hukum.

Sebagai penguji dalam kegiatan itu yaitu Dr. Surya Nita, S.H., M.Hum (UI), Assoc. Prof. Dr. Adi Mansar, S.H., M.Hum (USU), Assoc. Prof. Dr. Bahmid, S.H., M.Kn, Dr. Mangaraja Manurung, S.H., M.H, Dr. Emmi Rahmawita Nst, S.H., M.Hum dan Dr. Ismail, S.H., M.H.

Rektor UNA Prof. Tri Harsono, M.Si mengucapkan selamat kepada para mahasiswa S2 Program Magister Hukum yang telah melaksanakan ujian tesis pada hari ini, dengan memberikan harapan yang besar kepada masing-masing mahasiswa.

“Semoga ilmu yang di peroleh dapat meningkatkan kualitas diri dan dapat bermanfaat bagi orang lain,” ucapnya.

Guna mendapatkan Gelar Magister Hukum (MH) para peserta harus memaparkan hasil penelitian Tesis nya di depan Ketua Sidang, Penguji, dan termasuk Pembimbing Tesis.

Para Mahasiswa yang selesai melalui tahap ujian atau sidang tesis ini dan dinyatakan lulus oleh Ketua Sidang Penguji, menyatakan rasa bersyukur maupun rasa terima kasihnya kepada para dosen pembimbing.

Adapun secara berturut-turut atas nama Maychel Frandiscus Butar-butar NPM 20042001 mempresentasikan studinya dengan judul tesis “Perlindungan Hukum Terhadap Debitur Dalam Hal Terjadi Kemacetan Pembayaran Langsung (Studi di Bank Negara Indonesia Tanjungbalai)”, lalu Febry Andhika Putri NPM 20042002 dengan judul tesis “Analisis Yuridis Mengenai Perjanjian Jula Beli Yang Dibuat Melalui Media Elektronik Berdasarkan Kitab Undang-undang Hukum Perdata dan UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Transaksi dan Elektronik“.

Ardhica Fauzi NPM 20042003 dengan judul tesis “Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Batubara Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukun Untuk Masyarakat Miskin”, Ahmad Nurdin NPM 20042005 dengan judul tesis “Tinjauan Hukum Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Dalam Pemenuhan hak Normatif Yang Bersetifikat Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Teladan Ujung Kubu Kabupaten Batubara“.

Rusdiana Gultom NPM 20042009 dengan judul tesis “Pelaksanaan Gadai Deposito Berjangka Sebagai Jaminan Cash Collateral Credit Pada PT. Bank Negara Indonesia”, Kamarul Zaman NPM 20042011 dengan judul tesis “Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Dana Desa di Kecamatan Sei. Kepayang Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelola Dana Desa”,

Muktar Panjaitan NPM 20042012 dengan judul tesis “Tinjauan Yuridis Normatif Politik Hukum Pasal 18B Ayat 2 UUD 1945 Terhadap Desa”, Muhammad Firdaus NPM 20042014 dengan judul tesis “Perlindungan dan Bantuan Hukum Terhadap PNS Yang Diduga Melakukan Tindak Pidana Di Kabupaten Batubara”, dan sesi terakhir dipresentasikan oleh Sumiati dengan judul tesis “Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Profesi Guru Ditinjau Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008”.

“Sidang tesis merupakan salah satu persyaratan kelulusan memperoleh gelar Magister Hukum dari UNA. Semoga ilmu pengetahuan yang didapat bermanfaat dan berkah. ” tutup Dr. Bahmid, S.H., M.Kn selaku Dekan FH UNA. 

Bagikan ke media sosial Anda!