Fakultas Pertanian UNA Perluas Jaringan Kerjasama dengan Dunia Usaha – Industri

KISARAN – Universitas Asahan (UNA) terus memaksimalkan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, salah satunya memperkuat kerja sama guna menjembatani perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). 

Kali ini datang dari Fakultas Pertanian UNA melalui Prodi Budidaya Perairan menandatangani MoA (Memorandum of Agreement) dengan pelaku dunia usaha bidang perikanan di Aula Fakultas Pertanian UNA, pada Selasa (29/11/2022). 

Penandatangan kerjasama tersebut diteken langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Safruddin, S.P., M.MA dan Ketua Prodi Budidaya Perairan UNA Juliwati Putri Batubara, S.Pi., M.Si dengan Ketua Unit Rakyat SD Mina Jaya dan Kelompok Budidaya Ikan Sudo Mina Jaya Sugiatno, S.Pi, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Daulay dan Kelompok Pembudidaya Ikan Plasma Project Ridwan Daulay, Ketua Kelompok Pembudidaya Kerang Darah Helmi, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Naira Farm Rizky Wijaya, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Karya Sepakat Buyung, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Riyan Suparman, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Tama Jaya Mandiri Utama Jaka Syahputra, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Berkah Edi Kurniawan, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Buntupane Jaya dan Kelompok Pembudidaya Ikan Berkah Zainal Surya, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Tunas Muda Mandiri Ariadi, serta Ketua Usaha Buntupane Fishery Ahmad Ardi, Ketua Unit Pembenihan Rakyat Anto Manurung.

Hal ini, disampaikan langsung oleh Ketua Prodi BDP UNA Juliwati Putri Batubara, S.Pi., M.Si pada saat dialog seputar budidaya perikanan/bertukar informasi dengan mengusung tema “Sinergi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha melalui inovasi dan best practise di bidang perikanan”.

Beliau memaparkan kegiatan dialog ini dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Perairan dengan jumlah peserta sebanyak  100 mahasiswa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan, pengetahuan, tercipta jiwa enterprenership dari mahasiswa serta penguatan soft skill dan mengembangkan potensi sumber daya alam yang mendukung profil lulusan program studi budidaya perairan serta menciptakan lokasi implementasi MBKM baik di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat antara prodi BDP dengan DIDU”, tuturnya.

Dekan Fakultas Pertanian Safruddin, S.P., M.MA, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih untuk narasumber yang bersedia menghadiri dan memberikan materi pada dialog kali ini dan semoga hal ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kepada mahasiswa.

“Tentunya kegiatan ini akan menambah wawasan bagi mahasiswa dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang tujuan dalam meningkatkan mutu mahasiswa,” paparnya. 

Ditempat terpisah, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si menyampaikan bahwa UNA terus meningkatkan kerja sama dengan pemangku kepentingan dan DIDU untuk mengembangkan dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Ia juga mengingatkan bahwa hubungan UNA dengan DIDU adalah kombinasi yang sangat baik dan kebutuhan bersama. 

Dengan adanya kerjasama ini, menurutnya merupakan momentum yang sangat baik karena dengan adanya nota kesepahaman ini kedua belah pihak dapat memberikan akses yang luas terutama untuk para dosen dan mahasiswa serta pelaku dunia usaha dalam meningkatkan skill keilmuannya dan menambah wawasan yang luas lagi.

Kerja sama kelembagaan ini mencakup bidang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi yang meliputi bidang Pendidikan dan Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan Kelimuan, serta Pengabdian kepada masyarakat.  

Para pihak terkait sepakat mengadakan kerjasama dengan prinsip kemitraan, sinergi dan saling menguntungkan melalui pengembangan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia dibidang budidaya air ikan yang sesuai dengan fungsi serta wewenang masing-masing.

Bagikan ke media sosial Anda!