Universitas Asahan Menuju Akreditasi A, Tim LLDIKTI Wilayah 1 Sumut Berikan Pendampingan

KISARAN – Universitas Asahan (UNA) mendapat kunjungan dari Tim Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 1 Sumatera Utara. Kunjungan ini dalam rangka pendampingan percepatan akreditasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menuju A/Unggul pada Jumat lalu, di Ruangan rapat Rektorat UNA. 

Hal tersebut merupakan tindak lanjut Sosialisasi LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara dengan 5 Perguruan Tinggi Swasta mengenai Pendampingan Percepatan Akreditasi PTS menuju A/ Unggul yang pelaksanaannya di Hotel Four Points Medan, pada 27-28 Oktober 2022.

Adapun tim LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara yang hadir yakni Ibu Anggina Putri Pane, S.H selaku Analis Organisasi Perguruan Tinggi, Anthony Kelana Sembiring, S.Sos selaku Pengolah Data, Dhadek Keswary Bangun, S.Pd selaku Analis Organisasi Perguruan Tinggi dan Rahmat Widia Sembiring, M.Sc.IT., Ph.D sebagai Narasumber. 

Kedatangan Tim LLDIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara  tersebut disambut langsung oleh Rektor UNA bersama para Wakil Rektor, para Dekan, para Ka. Biro, dan Ka. Lembaga serta Tim Penyusun Borang Akreditasi UNA (Sutriono, S.P., M.Agr, Intan Zahar, M.Si dan Hilmiatussahla S.E.I, .M.E.I). 

Dalam sambutannya, Rektor UNA mengatakan terima kasih atas kunjungan dari Tim LLDIKTI Wilayah 1 Sumut,  kegiatan pendampingan akreditasi institusi perguruan tinggi ini sangat membantu pihak perguruan tinggi khususnya bagi UNA.

“Pendampingan ini membantu pihak UNA yang akan menghadapi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi di tahun 2024 guna lebih memahami dalam pengisian dokumen LKPT APT 3.0,” ujarnya.

Kemudian, pihak UNA pun bisa menentukan strategi pemenuhan akreditasi institusi, serta melaksanakan evaluasi diri dan penilaiannya dalam Akreditasi APT Kriteria 9. 

Beliau berharap “Semoga UNA tahun 2024 meraih Akreditasi A/Unggul dan Program Studi yang ada di Lingkungan Universitas Asahan (UNA) juga akan menyusul meraih yang sama pula”, harapnya.

Untuk itu dibutuhkan inovasi dalam melakukan percepatan, diantaranya percepatan peningkatan peringkat akreditasi, tata Kelola perguruan tinggi serta peningkatan SDM. Salah satu upaya untuk menumbuhkan inovasi, dengan cara meningkatkan kreativitas dan berfikir kritis di lingkungan UNA.

Rahmat Widia Sembiring, M.Sc.IT., Ph.D mengungkapkan sistem pengerjaan langsung pembuatan dari setiap peserta yang hadir dan bertugas di penguatan mutu tingkat perguruan tinggi dan program studi. Hal penting yang disampaikan meliputi visi dan misi perguruan tinggi dan program studi, standar kompetensi kelulusan.

Adapun pembahasan materi di antaranya: pertama, perihal Kebijakan, Instrument, Prosedur Akreditasi Lembaga dan prosedur Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat (LAMTKES); kedua, perihal Kebijakan dan Instrumen, Kode Etik Akreditasi LAM PT-Kes, Reakreditasi, dan Banding.

terdapat 5 Perguruan Tinggi Swasta yang terpilih dan UNA menjadi salah satu perguruan tinggi yang termasuk dalam pendampingan percepatan akreditasi perguruan tinggi swasta menuju A/Unggul, suatu kebanggaan buat UNA menjadi Perguruan Tinggi terbaik di Sumatera Utara dan terima kasih kepada LLDikti Wilayah 1 Sumut sudah memfasilitasi pendampingan menuju akreditasi A/Unggul. 

Bagikan ke media sosial Anda!