Gelar Kuliah Umum, Prodi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian UNA Dorong Mahasiswa Lakukan Motivasi Tepat Guna

KISARAN – Program Studi (Prodi) Budidaya Perairan  Fakultas Pertanian Universitas Asahan (UNA) menggelar Kuliah Umum dan menandatangani Memorendum of Understanding dengan para Stakeholder, di Aula Fakultas Pertanian UNA, Kampus setempat, pada Kamis (17/11/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema “Prospek Budidaya Perikanan di Era 5.0” yang menghadirkan tiga narasumber yakni Kepala Dinas Perikanan Kab. Asahan Ir. Hazairin, M.M (dari Instansi Pemerintah), Kepala UPT Balai Benih Ikan Air Tawar Rawang Asprin Tamba, S.Pi., M.Si (dari Instansi Pemerintah) dan Direktur Utama PT. Raja Nila Farm Berlin Anto Gulo, S.H (dari dunia usaha).  

Tujuan dari kuliah umum untuk menambah wawasan, pengetahuan, informasi, kreativitas dan daya cipta mahasiswa yang menghasilkan inovasi tepat guna mengenai budidaya perikanan di era 5.0, membangun komunikasi antara Perguruan tinggi, Insitansi pemerintah dan Dunis Usaha budidaya perikanan serta terjalinnya kerjasama yang akan mendukung proses pendidikan/pembelajaran yang nantinya akan mendukung profil lulusan dari Prodi Budidaya peraiaran.

“Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, guna menambah wawasan para mahasiswa jurusan budidaya perikanan, terlebih pada era Revolusi Industri 5.0, yang mana kemajuan teknologi digital juga telah merambah sektor perikanan,” kata Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si.

Lanjutnya, melalui kuliah umum ini, harapannya dapat saling bertukar ilmu dan informasi, dalam bidang pengelolaan perikanan. Dan apa yang didapat oleh para mahasiswa, dalam kuliah umum ini dapat bermanfaat untuk kehidupan kedepannya.

Acara tersebut di buka oleh Dekan Fakultas Pertanian Safruddin, S.P., M.MA. dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih untuk narasumber yang bersedia menghadiri dan memberikan materi pada kuliah umum kali ini dan semoga hal ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kepada  mahasiswa.

Pihaknya juga mengharapkan lulusan dari Prodi Budidaya Perairan tidak hanya hebat dalam bidang akademik tetapi juga mempunyai ketrampilan dibidang lain.

Setelah dilakukan Kuliah Umum, dilanjutkan dengan penandatangan Mou dan MoA.

Penandatanganan MoU dan MoA ini dilakukan oleh Kepala Dinas Perikanan Kab. Asahan Ir. Hazairin, M.M;  Direktur Utama PT. Raja Nila Farm Berlin Anto Gulo, S.H; Kepala UPT Balai Benih Ikan Air Tawar Rawang Asprin Tamba, S.Pi., M.Si; Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si;  Dekan Fakultas Pertanian UNA Safruddin, S.P., M.MA dan Ketua Prodi Budidaya Perairan UNA Juliwati Putri Batubara, S.Pi., M.Si. 

Kerja sama kelembagaan ini mencakup bidang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi yang meliputi bidang Pendidikan dan Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan Kelimuan, serta Pengabdian kepada masyarakat.  

Para pihak terkait sepakat mengadakan kerjasama dengan prinsip kemitraan, sinergi dan saling menguntungkan melalui pengembangan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia dibidang budidaya air ikan yang sesuai dengan fungsi serta wewenang masing-masing.

Kerjasama ini dalam rangka akselerasi dan revolusi teknologi 5.0 beserta dampak pada perubahan sosial, budaya, dan dunia kerja dan untuk membangun jejaring/networking, promosi, reputasi, kepercayaan, kontribusi bagi masyarakat dan industri dan membangun kepercayaan diri sivitas akademika (mahasiswa dan dosen). Acara ditutup dengan memberikan cenderamata dan foto bersama. 

Bagikan ke media sosial Anda!