Tim Asesor Ban-PT Lakukan Asesmen Lapangan Secara Daring Pada Program Magister Ilmu Hukum UNA

KISARAN – Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Asahan (UNA) di Asesmen Lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Kegiatan Asesmen Lapangan ini dilaksanakan selama 2 hari, menghadirkan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni terdiri dari Prof. Dr. Joni Emirson, S.H., M.Hum (Universitas Sriwijaya) dan Dr. Merry Elisabeth Kalalo, S.H., M.H (Universitas Sam Ratulangi) yang berlangsung secara daring, pada Senin (14/11/2022) di ruang meeting Fakultas Hukum UNA.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Rektor UNA Prof. Dr. Tri harsono, M.Si, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Drs. Bambang Gulyanyo, S.H., M.Pd, Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Abdul Rahman, S.E., M.Pd., M.Si, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir. Ansoruddin, M.P, Ketua LPPM UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum, Ketua LPM UNA Rumondang Tampubolon, S.Psi., M.Si, Dekan Fakultas Hukum UNA Dr. Bahmid, M.Kn, Direktur Program Magister UNA Dr. Mangaraja Manurung, M.H, TIM penyusun LED, LKPS Prodi Magister Ilmu Hukum UNA, dan para dosen, Ka. Biro, pegawai serta mahasiswa.

Dalam Kesempatan tersebut Direktur Program Magister Ilmu Hukum UNA Dr. Mangaraja Manurung, M.H menyampaikan ucapan terimakasih kepada BAN-PT khususnya kepada asesor yang telah memberikan Prodi Magister Ilmu Hukum kesempatan untuk di Asesmen Lapangan.

Menurutnya asesmen lapangan sangat penting dilaksanakan dalam rangka untuk mencari tahu kekurangan serta kelemahan dalam penyusunan LKPS dan LED hal tersebut tidak lain untuk menjadi tolak ukur dalam proses kemajuan ke depan.

Kemudian, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan asesmen merupakan tahap evaluasi bagi program studi dalam rangka meriview kembali perjalanan program studi tersebut.

“Saya berharap acara asesmen lapangan Program Studi Magister Ilmu Hukum dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang baik” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd berharap kepada Tim asesor agar dapat membantu dalam memberikan masukan serta saran, sehingga hal tersebut dapat menjadi acuan dalam rangka memajukan lembaga.

“Dalam proses asesmen ini kami berharap kesediaan para asesor agar dapat memberikan jalan dan tuntunan bagi kita di dalam rangka memajukan lembaga. dan dengan itu kami akan berkomitmen untuk mewujudkan visi dari UNA yakni menjadi perguruan tinggi berkualitas, berwawasan lingkungan, berkemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berdasarkan iman dan taqwa demi kepentingan kemanusiaan,” ungkapnya.

Di hari pertama, dalam tahapan asesmen lapangan ini, asesor akan melakukan kajian lebih mendalam terhadap kesesuaian dokumen Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) yang telah diunggah sebelumnya pada laman Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN-PT.

Selanjutnya, asesor juga akan melakukan kajian mendalam terhadap relevansi Kurikulum Prodi Hukum dengan profil lulusan kepada para pengguna lulusan (user) dari beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Sumatera Utara.

Di hari kedua, Asesmen lapangan diisi dengan wawancara terhadap para dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa. Semua pihak yang diminta menjadi partisipan memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan yang diajukan oleh asesor. Selanjutnya asesor memberikan arahan dan rekomendasi untuk pemberkasan hasil verifikasi serta memberikan umpan balik dan berita acara dari seluruh rangkaian kegiatan asesmen lapangan yang telah berlangsung selama dua hari ini. Terakhir, penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan penyampaian rekomendasi hasil akreditasi ke perguruan tinggi. 

Bagikan ke media sosial Anda!